Penulis Utama : Prasetyo
NIM / NIP : K1213056
×

ABSTRAK


Prasetyo. K1213056. ANALISIS DIKSI DAN MAJAS DALAM NOVEL HIDUP BERAWAL DARI MIMPI KARYA FAHD DJIBRAN SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2017.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) diksi yang digunakan dalam novel Hidup Berawal dari Mimpi karya Fahd Djibran; (2) majas yang digunakan dalam novel Hidup Berawal dari Mimpi karya Fahd Djibran; dan (3) implementasi novel Hidup Berawal dari Mimpi karya Fahd Djibran dalam pembelajaran sastra di SMK.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara dengan informan. Validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif.
Hasil penelitian antara lain: (1) diksi yang paling dominan digunakan dalam novel Hidup Berawal dari Mimpi karya Fahd Djibran adalah kolokasi yang terdiri dari antonimi sinonimi, homonimi, hiponimi, data polisemi. Terdapat pula diksi lain yang ditemukan berupa kata vulgar, idiom, neologisme, dan kata serapan; (2) majas yang dominan digunakan oleh Fahd Djibran dalam novel Hidup Berawal dari Mimpi adalah majas asosiasi. Kemudian majas lain yang dapat ditemukan berupa majas tautotes, anafora, efifora, mesodiplosis, metafora, personifikasi, hiperbola, litotes, ironi, oksimoron, sarkasme, metonimia, asidenton, dan polisidenton; (3) novel Hidup Berawal dari Mimpi karya Fahd Djibran relevan jika diimplementasikan pada pembelajaran sastra di SMK. Novel Hidup Berawal dari Mimpi memiliki nilai-nilai yang bisa diambil oleh siswa. Selain itu, terdapat diksi dan majas yang bisa digunakan guru sebagai media pembelajaran untuk menjelaskan pemanfaatan diksi dan majas dalam karya sastra.

Kata kunci: diksi, majas, pembelajaran sastra, novel Hidup Berawal dari Mimpi

 

×
Penulis Utama : Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1213056
Tahun : 2017
Judul : Analisis Diksi dan Majas dalam Novel Hidup Berawal dari Mimpi Karya Fahd Djibran Serta Implementasinya pada Pembelajaran Sastra di SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia - K1213056 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M. Pd
2. Drs. Yant Mujiyanto, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.