Penulis Utama : Lukman Hadi Subroto
NIM / NIP : C0514029
×

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang kondisi resistensi warga Sumberlawang terhadap pembangunan waduk Kedungombo tahun 1985-1992 seperti bagaimana latar belakang dibangunnya waduk, proses ganti rugi tanahnya, bentuk resistensi dari warga.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang meliputi: heuristik berupa arsip dokumentasi di Pembangunan Waduk Kedungombo, buku-buku referensi, dan wawancara dengan berbagai pihak yang terlibat secara langsung dalam proses pelaksanaan pendidikan. Tahap selanjutnya adalah kritik sumber intern maupun ekstern, interpretasi dan historirografi.
Berdasarkan analisis terhadap sumber-sumber yang telah terkumpul. Dapat diketahui bahwa pembangunan Waduk Kedungombo diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 18 Mei 1991. Latar belakang dibangunnya waduk Kedungombo adalah untuk pengendalian banjir, irigasi, serta sebagai pembangkit listrik. Pembangunan waduk Kedungombo ternyata menimbulkan permasalahan terkait pembebasan lahan dari warga. Karena pembangunan waduk Kedungombo tersebut berbagai permasalahan yang terjadi pada warga tidak pernah diselesaikan dengan baik oleh Pemerintah. Pembangunan waduk Kedungombo menjadi ramai dikalangan media massa karena permasalahan terkait pembebasan lahan.

Kata Kunci : Waduk, Kedungombo

×
Penulis Utama : Lukman Hadi Subroto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0514029
Tahun : 2019
Judul : Resistensi Warga Sumberlawang terhadap Pembangunan Waduk Kedungombo Tahun 1985-1992
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0514029-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung Wahadi Sutirto, M.Si.
2. Dra. Isnaini. W. W, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.