Penulis Utama : Sriyanto
NIM / NIP : F1315142
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh akuntabilitas kinerja, pendapatan regional daerah, e-government, kapabilitas audit internal, dan tanggapan hasil audit serta belanja pegawai daerah terhadap korupsi di pemerintah daerah menggunakan kerangka fraud triangle theory. Penelitian ini dilatarbelakangi makin maraknya kasus korupsi dari tahun ke tahun meskipun upaya pemerintah untuk menanggulanginya telah dilakukan, sehingga penelitian ini berupaya menjawab apakah program prioritas pemerintah yang tengah dijalankan sudah selaras dengan strategi pemberantasan korupsi.
Penelitian ini menggunakan data panel pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia pada tahun 2010 – 2013 yang dianalisis menggunakan metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian membuktikan bahwa akuntabilitas kinerja dan belanja pegawai daerah berpengaruh negatif terhadap korupsi, sementara tanggapan hasil audit berpengaruh positif terhadap korupsi. Hasil ini didukung dalam analisis regresi tambahan yang dilakukan pada pemerintah kota dan pemerintah daerah di wilayah luar Sumatera dan Jawa. Adapun pendapatan regional daerah, e-government, dan kapabilitas audit internal tidak menunjukkan pengaruh terhadap korupsi. Sehingga penelitian ini memberikan bukti empiris pengaruh akuntabilitas kinerja, tanggapan hasil audit, dan belanja pegawai daerah terhadap korupsi pemerintah daerah di Indonesia.   

Kata kunci: akuntabilitas kinerja, e-government, korupsi, fraud triangle, tanggapan hasil audit

×
Penulis Utama : Sriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1315142
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Akuntabilitas Kinerja, Pendapatan Regional Daerah, E-Government, Kapabilitas Audit Internal, Tanggapan Hasil Audit, dan Belanja Pegawai Daerah Terhadap Kor
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS Prog. AKUNTANSI-F1315142-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sri Hartoko, M.BA., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.