Penulis Utama : Fatihul Ihsan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2515028
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Kejuruan dalam Menghadapi Peluang dan Ancaman Revolusi Industri 4.0
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2515028-2019
Subyek : KESIAPAN MAHASISWA, PENDIDIKAN KEJURUAN, REVOLUSI INDUSTRI 4.0
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. persepsi mahasiswa pendidikan kejuruan terhadap peluang dan ancaman Revolusi Industri 4.0. 2. Kesiapan mahasiswa pendidikan kejuruan dalam menghadapi peluang dan ancaman Revolusi Industri 4.0.
Bentuk penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada program studi jurusan pendidikan teknik kejuruan FKIP UNS. Populasinya  merupakan mahasiswa angkatan 2016 dari tiga program studi (Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Bangunan, dan Pendidikan Teknik Informatika) yang termasuk ke dalam prodi teknik kejuruan kemudian diperoleh sampel sebanyak 119 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner. Proses validasinya menggunakan validasi pakar. Teknik analisis datanya menggunakan deskripsi frekuensi dan Top Two Boxes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi responden terhadap peluang dan ancaman Revolusi Industri 4.0 tergolong dalam kategori baik. Hal tersebut didukung oleh hasil persentase Top Two Boxes (%T2B) sebesar 71%. Kemudian persepsi responden terhadap kemampuan menghadapi Revolusi Industri 4.0 sebagai calon tenaga pendidik tergolong dalam  kategori sangat baik. Didukung dengan perolehan angka %T2B sebesar 80%. Namun persepsi responden terhadap penyelenggaraan pendidikan kejuruan di program studi jurusan pendidikan teknik kejuruan FKIP UNS tergolong pada kategori yang cukup. Yaitu dengan perolehan %T2B sebesar 58%.

Kata Kunci : Kesiapan Mahasiswa, Pendidikan Kejuruan, Revolusi Industri 4.0

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I .pdf
BAB II .pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, ST., MT.
2. Dr.Eng. Nyenyep Sriwardani, ST.,MT.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP