Penulis Utama : Rani Aryawati Puspaningrum
NIM / NIP : K7115133
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa peserta didik kelas IV E SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2018/2019 melalui penggunaan media Tali Andha Aksara Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas IV E SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik milik Miles dan Huberman, meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saat pratindakan, hanya 2 dari 25 atau sebanyak 8% peserta didik yang tuntas KKM dengan nilai rerata pratindakan 50,35. Setelah dilaksanakan penelitian siklus I, nilai rerata akhir siklus I menjadi 74,25 dengan ketuntasan klasikal 56%. Ketuntasan klasikal tersebut mengalami peningkatan pada pada siklus II menjadi 88% dengan nilai rerata 84. Simpulannya, penggunaan media Tali Andha Aksara Jawa dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Jawa peserta didik kelas IV E SD Ta’mirul Islam Surakarta tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci : keterampilan menulis, aksara Jawa, media Tali Andha Aksara Jawa, sekolah dasar

×
Penulis Utama : Rani Aryawati Puspaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115133
Tahun : 2019
Judul : Penggunaan Media Tali Andha Aksara Jawa untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Aksara Jawa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV E SD Tamirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115133-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hadi Mulyono, M.Pd.
2. Joko Daryanto, S.Sn, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.