Penulis Utama : Fitri Wulandari
NIM / NIP : K7115065
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) pada peserta didik kelas IV SD Negeri Banyurip Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik yang digunakan mengumpulkan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi instrumen, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis data interaktif.
Hasil penelitian yang telah dilakukan pada tahap pratindakan rata-rata kelas yaitu 45,69 dengan ketuntasan klasikal 14,29%. Rata-rata kelas meningkat pada siklus I dengan rata-rata kelas 68,25 dan ketuntasan klasikal 57,14%, kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan rata-rata kelas 79,30 dan ketuntasan klasikal 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat bahwa penerapan model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas empat di sekolah dasar Banyurip pada tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE), keterampilan membaca pemahaman, sekolah dasar

×
Penulis Utama : Fitri Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115065
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman melalui Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (Core) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Banyurip Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115065-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M. Hum.
2. Dra. Sularmi, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.