Penulis Utama : Nurlaili Miftakhuzzilvana
NIM / NIP : S061502009
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) kualitas proses pembelajaran menulis syair tembang macapat gambuh dengan penerapan teknik parafrasa cerita pendek berbahasa Jawa pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora dan (2) keterampilan menulis syair tembang macapat gambuh dengan penerapan teknik parafrasa cerita pendek berbahasa Jawa pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora.
Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jawa dan siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Tunjungan Kabupaten  Blora sejumlah 27 siswa, 5 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi, (2) wawancara, (3) kajian dokumen, (4) tes ketrampilan menulis syair tembang macapat gambuh. Pengujian analisis dilakukan dengan cara triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan analisis kritis.
Hasil penelitian adalah : (1) penerapan teknik parafrasa cerita pendek berbahasa Jawa dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis syair tembang macapat gambuh pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora, (2) penerapan teknik parafrasa cerita pendek dapat meningkatkan keterampilan menulis syair tembang macapat gambuh pada siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora. Hal ini dapat dilihat dari kinerja siswa dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik, aktif dalam kegiatan apresiasi, menjawab pertanyaan guru, bertanya kepada guru, menulis syair tembang gambuh dengan semangat, menciptakan syair tembang gambuh yang menarik, berperan aktif dalam pembelajaran dan ikut merefleksi serta menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil ketuntasan siswa dalam menulis syair tembang macapat gambuh dari pratindakan 25,93%  ke siklus I 74,07% meningkat 48,15% dan siklus I 74,07% ke siklus II 81,48% meningkat 7,41%. Kriteria ketuntasan minimal yang terdapat di SMA Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora adalah 75.


Kata Kunci : keterampilan menulis, tembang macapat, gambuh, teknik parafrasa cerita pendek berbahasa Jawa.

 

×
Penulis Utama : Nurlaili Miftakhuzzilvana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S061502009
Tahun : 2020
Judul : Meningkatan Keterampilan Menulis Tembang Gambuh melalui Teknik Parafrase Cerita Pendek Berbahasa Jawa pada Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Tunjungan, Blora
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Kimia
Kolasi :
Sumber : Meningkatan Keterampilan Menulis Tembang Gambuh melalui Teknik Parafrase Cerita Pendek Berbahasa Jawa pada Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Tunjungan, Blora
Kata Kunci : keterampilan menulis, tembang macapat, gambuh, teknik parafrasa cerita pendek berbahasa Jawa.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
2. Dr. Sumawarti, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.