Penulis Utama : Wahyu Yuliyanto
NIM / NIP : K3313073
×

ABSTRAK


Media Pembelajaran Podcast Chemistry Song yang diaplikasikan dalam pembelajaran menggunakan model Direct Instruction merupakan salah satu upaya membangun proses pembelajaran 4.0 yang merupakan pembelajaran yang berbasis teknologi. Dengan pembelajaran berbasis teknologi diharapkan juga menciptakan suasana belajar yang tidak kaku, sehingga siswa memiliki minat dan ketertarikan tinggi untuk belajar hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi: 1) Efektivitas model direct instruction dilengkapi media pembelajaran Podcast Chemistry Song pada Materi Sistem Periodik Unsur terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 3 Boyolali; dan 2) minat belajar siswa SMA Negeri 3 Boyolali terhadap penerapan model direct instruction dilengkapi media pembelajaran Podcast Chemistry Song pada Materi Sistem Periodik Unsur.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Boyolali Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode random sampling.  Teknik pengumpulan data hasil belajar aspek pengetahuan siswa menggunakan tes pengetahuan yang disusun berdasarkan indikator kompetensi dasar Sistem Periodik Unsur. Data hasil belajar aspek sikap dan keterampilan diambil menggunakan lembar observasi, dan data minat siswa terhadap media podcast chemistry song menggunakan angket. Teknik analisis data hasil belajar siswa pada penelitian menggunakan uji independent t-test taraf signifikansi 5 % dengan skor pretest sebagai kovariatnya, sedangkan data minat siswa menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat perbedaan Efektivitas yang signifikan antara penerapan model direct instruction dilengkapi media podcast chemistry song dan model konvensional terhadap hasil belajar siswa; 2) Hasil angket minat belajar siswa memiliki minat belajar yang tinggi terhadap media pembelajaran podcast chemistry song.

Kata kunci: Podcast Chemistry Song, Direct Instruction, Hasil Belajar, Minat

 

×
Penulis Utama : Wahyu Yuliyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313073
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Model Pembelajaran Direct Instruction Dilengkapi Media Podcast Chemistry Song pada Materi Sistem Periodik Unsur SMA Negeri 3 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Kimia - K3313073-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryadi Budi Utomo M.Si.
2. Dr. Paed.Nurma Yunita Indriyanti, M.Si, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.