Penulis Utama : Adinda Nur Kusuma Wardhani
NIM / NIP : D0315003
×

ABSTRAK

Pemerintah Kota Surakarta menempatkan permasalahan kemiskinan sebagai agenda prioritas utama kebijakan pembangunan. Maka dilakukan upaya penanggulangan  dilakukan  dengan  berdasarkan  3  data  yakni  data  berbasis keluarga,  data  berbasis  lingkungan  dalam  hal  ini  RENSTRAMAS  Kelurahan, serta data berbasis ekonomi. Penelitian ini membahas tentang implementasi dan kesejahteraan masyarakat pada program penanggulangan kemiskinan Kota Surakarta di lokasi RW 18 Kelurahan Kadipiro. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk menggambarkan implementasi program penanggulangan kemiskinan Kota Surakarta di RW 18 Kelurahan Kadipiro 2) Untuk menggambarkan kesejahteraan masyarakat pada program penanggulangan kemiskinan Kota Surakarta di RW 18 Kelurahan Kadipiro
Penelitian ini mengunakan Teori Fungsionalisme Struktural dari Talcott Parsons tentang AGIL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan  sampel  penelitiannya  masyarakat  yang  menerima  program penanggulangan kemiskinan serta pihak yang membuat serta mengawasi jalannya program penanggulangan kemiskinan di Kota Surakarta. Analisis data yang digunakan   adalah   pengumpulan   data,   reduksi   data,   penyajian   data,   dan kesimpulan. Validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber dengan cross check narasumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Sejarah pembentukan program penanggulangan  kemiskinan  Kota  Surakarta  di  RW  18  Kelurahan  Kadipiro dimulai dari adanya Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 11 Tahun 2014 tentang Penanggulangan Kemiskinan. 2) Implementasi program  penanggulangan kemiskinan Kota Surakarta di RW 18 Kelurahan Kadipiro dibagi menjadi tiga program yakni lingkungan fisik, lingkungan sosial, serta lingkungan ekonomi. 3) Kesejahteraan masyarakat pada program   penanggulangan kemiskinan Kota Surakarta  Di  RW  18  Kelurahan  Kadipiro  terlihat  saling  berkaitan  antara lingkungan fisik, lingkungan sosial, serta lingkungan ekonomi.


Kata Kunci: Kesejahteraan,    Kemiskinan, Program    Penanggulangan Kemiskinan.

 

×
Penulis Utama : Adinda Nur Kusuma Wardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0315003
Tahun : 2019
Judul : Kesejahteraan masyarakat pada program penanggulangan kemiskinan Kota Surakarta (Studi kualitatif di Lokasi RW 18 Kadipiro)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Sosiologi-D0315003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad Zuber, S.Sos., D.E.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.