Penulis Utama : Amalia Ulfa
NIM / NIP : K4315004
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan keterampilan komunikasi oral siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Reciprocal Teaching (RT) dalam pembelajaran Biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Karanganyar.
Penelitian ini termasuk dalam quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only group design dengan menggunakan kelompok eksperimen 1 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok eksperimen 2 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Reciprocal Teaching (RT). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan menggunakan uji t-independen, perhitungan menggunakan bantuan SPSS 25 dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil uji t-independen menunjukkan nilai sig. 0,011 < 0> 59,13 (kategori sedang).


Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi Oral, Jigsaw, Reciprocal Teaching

 

×
Penulis Utama : Amalia Ulfa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315004
Tahun : 2019
Judul : Perbandingan keterampilan komunikasi oral siswa melalui penerapan model kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Reciprocal Teaching (RT) dalam pembelajaran biologi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Biologi-K4315004-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Meti Indrowati S.Si., M.Si,
2. Prof. Dr. Maridi, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.