Penulis Utama : Danang Setyawan Purnomo
NIM / NIP : C0213015
×

Abstrak. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) apa saja jenis tindak tutur direktif dalam acara Mata Najwa Trans7? dan (2) bagaimana penggunaan strategi kesantunan dalam acara Mata Najwa Trans7?
    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan jenis-jenis tindak tutur direktif dalam acara Mata Najwa Trans7 dan (2) mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan dalam acara Mata Najwa Trans7.
    Penelitian ini termasuk dalam penilitan kualitatif bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari video acara Mata Najwa Trans7 yang diunduh dari situs youtube. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah tuturan yang di dalamnya mengandung tindak tutur direktif dan strategi kesantunan. Data dikumpulkan dengan metode simak menggunakan teknik catat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kontekstual. Metode penyajian hasil analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.
    Hasil analisis data pada penelitian ini ditemukan lima tindak tutur direktif, yaitu tindak tutur menyuruh, tindak tutur mengajak, tindak tutur meminta, tindak tutur melarang, dan tindak tutur bertanya. Sementara itu, strategi kesantunan yang ditemukan dalam penelitian ini terdapat empat strategi, yaitu strategi tanpa basa-basi, strategi kesantunan positif, strategi kesantunan negatif, dan strategi samar-samar. Selain keempat strategi tersebut, dalam penelitian ini juga ditemukan kombinasi antara kesantunan negatif dan kesantunan positif.

×
Penulis Utama : Danang Setyawan Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213015
Tahun : 2020
Judul : Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan dalam Acara Mata Najwa Trans7
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - F. Ilmu Budaya Prog. Studi Sastra Indonesia - C0213015 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Miftah Nugroho, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.