Penulis Utama : Erika Rovi Savitri
NIM / NIP : F3516025
×

Abstrak
Penelitian ini membahas tentang prosedur penagihan piutang pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, dengan tujuan untuk mengetahui apakah prosedur yang dijalankan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan. Selain itu penelitian ini juga membahas tentang piutang dan siklus penagihannya.
Penelitian  inimenggunakan metode analisis deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Wawancara dilakukan dengan Asisten Manajer unit Finance Billing and CollectionCenter di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Witel Surakarta. Observasi dilakukan dengan mengamati perilaku karyawan yang ada di unit tersebut. Sedangkan studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan dan membaca literatur yang sesuai dengan permasalahan yang dibahas.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa prosedur penagihan piutang PT Telekomunikasi Indonesia Tbk sudah cukup baik, namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Antara lain adalah prosedur pengiriman reminding letter yang melewati batas waktu pengiriman, terdapat beberapa kasus pelanggan yang telah jatuh tempo namun prosedur isolir layanan tidak dilakukan, dan juga prosedur pencabutan layanan pelanggan yang telah jatuh tempo belum dilakukan dengan baik. Sehingga penulis dapat memberikan saran untuk PT Telekomunikasi Indonesia untuk lebih tegas dalam penanganan permasalahan piutang, selain itu sebaiknya dilakukan peringatan bagi karyawan yang tidak menjalankan prosedur dengan benar, dan perlunya pengiriman reminding lettertepat waktu baik secara fisik ataupun e-mail.
Kata kunci: Tagihan, Prosedur, Standar Operasional Prosedur

 

×
Penulis Utama : Erika Rovi Savitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3516025
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Standar Operasional Prosedur Penagihan Piutang Pelanggan di PT. Telekomunikasi Indonesia TBK Witel Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog. D III Manajemen Bisnis-F3516025-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Suryandari Istiqomah, S.E, M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.