Penulis Utama : Yoshevina Noor Aulya
NIM / NIP : K7116216
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas V SD Negeri Tegalsari No. 60 Surakarta dalam pembelajaran IPS. Alternatif yang dipilih yaitu dengan pengimplementasian metode sosiodrama. Terdapat keterpaduan antara sintaks metode sosiodrama dengan indikator keterampilan sosial khususnya aspek berkomunikasi dan bekerja sama, sehingga diharapkan metode tersebut dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik.
Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah guru dan 30 peserta didik kelas V SD Negeri Tegalsari No. 60 Surakarta. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman.
Hasil observasi keterampilan sosial peserta didik pada tiap siklus dapat meningkat hingga mencapai indikator kinerja penelitian. Perolehan nilai rerata klasikal pada siklus I yaitu 60 (46.67%). Kemudian, meningkat pada siklus II menjadi 81 (96.67%). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa implementasi metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas V SD Negeri Tegalsari No. 60 Surakarta tahun ajaran 2019/2020.

×
Penulis Utama : Yoshevina Noor Aulya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116216
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Metode Sosiodrama Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Tegalsari No. 60 Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - FKIP Prog. Studi PGSD - K7116216 - 2020
Kata Kunci : Sosiodrama, IPS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd.,
2. Dra. Yulianti, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.