Penulis Utama : Ismiati Marfu’ah Rochmat
NIM / NIP : H0812087
×

ABSTRAK

Ismiati Marfu’ah Rochmat. H0812087. 2017. “Analisis Daya Saing Ekspor Komoditas Karet Alam Provinsi Jawa Tengah”.  Dibimbing oleh Prof.  Dr.  Ir. Darsono,   M.Si   dan   Erlyna   Wida   Riptanti   S.P.,   M.P.   Fakultas   Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki  potensi  dalam  menghasilkan  karet  alam.  Hal  tersebut  dikarenakan adanya topografi wilayah dan iklim yang mendukung untuk ditanami karet alam. Besarnya potensi  yang ada membuat karet alam menjadi komoditas unggulan yang diekspor secara terus menerus. Di era globalisasi ini terjadi pemberlakuan pasar  bebas  yang  membuat  persaingan  terhadap  ekspor  karet  alam  menjadi semakin ketat. Oleh karena itu penting sebagai informasi awal untuk menjelaskan kondisi daya saing karet alam Provinsi Jawa Tengah di pasar ekspor sebagai upaya pengembangan kinerja ekspor agar tetap mempunyai daya saing dalam menghadapi era pasar bebas saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana daya saing ekspor karet alam Provinsi Jawa Tengah ditinjau dari keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitifnya.
Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian yaitu Provinsi Jawa Tengah dimana wilayah tersebut potensial dalam mengusahakan karet alam sehingga menjadikan komoditas perkebunan unggulan dan telah diekspor secara terus menerus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis XCI (Export Competitiveness Index) untuk mengetahui daya saing ekspor yang ditinjau dari keunggulan kompetitif (2) Analisis RCA (Revealed Comparative Advantage) untuk mengetahui daya saing ekspor yang ditinjau dari keunggulan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan: Daya saing ekspor karet alam Provinsi Jawa Tengah yang ditinjau dari keunggulan kompetitif dengan menggunakan analisis XCI (Export  Competitiveness  index),  menunjukkan  bahwa  rata-rata  nilai  XCI karet alam Provinsi Jawa Tengah selama tahun 2001 hingga 2015 lebih dari satu yaitu  sebesar  1,08  dan  mengindikasikan  bahwa  komoditas  karet  alam  Jawa Tengah memiliki trend daya saing yang meningkat di pasar internasional. Daya saing ekspor karet alam Provinsi Jawa Tengah  yang ditinjau dari keunggulan komparatif dengan menggunakan analisis RCA (Revealed Comparative Advantage), menunjukkan bahwa rata-rata nilai RCA karet alam Provinsi Jawa Tengah selama tahun 2001 hingga 2015 lebih dari satu yaitu sebesar 6,82 dan mengindikasikan bahwa komoditas karet alam Jawa Tengah memiliki keunggulan komparatif yang tinggi (berada diatas rata-rata dunia). Saran yang dapat diberikan: memperbaiki kualitas produk karet alam dengan cara pemberian perawatan secara intensif terhadap tanaman karet alam melalui pemberian pupuk, penyemprotan pestisida, dll sehingga dapat menghasilkan getah karet alam yang berkualitas baik dan diterima oleh negara tujuan ekspor serta dapat meningkatkan harga ekspornya sehingga lebih mampu bersaing dengan negara-negara produsen karet alam alam di dunia. Selain itu juga dilakukan proses penyadapan getah karet alam dari pohonnya dengan perlakuan yang lebih baik dan lebih teliti lagi agar hasil yang diperoleh dapat menghasilkan produk olahan karet alam yang berkualitas baik.

Kata Kunci : Daya Saing Ekspor, Analisis XCI ( Export Competitiveness Index), analisis RCA (Revealed Comparative Advantage)

×
Penulis Utama : Ismiati Marfu’ah Rochmat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0812087
Tahun : 2017
Judul : Analisis Daya Saing Ekspor Komoditas Karet Alam Provinsi Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Pertanian Jur. Agribisnis - H0812087 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Darsono, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.