Penulis Utama : Devi Ratnasari
NIM / NIP : S831608015
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh model pembelajaran CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa; 2) pengaruh model pembelajaran CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa di daerah industri dan 3) interaksi antara model CPS disertai scaffolding dan daerah industri terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa di daerah industri. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMA Negeri Kelas XI IPA di daerah industri DIY dengan jumlah sampel sebanyak 197 siswa yang diambil menggunakan teknik cluster sampling.
Data diperoleh dengan membandingkan kemampuan berpikir ilmah siswa kelas ekperimen yang menggunakan model pembelajaran CPS disertai scaffolding dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran ekspositori pada materi KD 3.7 Sistem Pencernaan. Data diukur dengan menggunakan teknik tes dengan soal tes pilihan ganda yang meliputi empat aspek kemampuan berpikir ilmiah yaitu: inkuiri, analisis, inferensi dan argumentasi. Data dianalisis dengan statistik inferensial menggunakan two way anava dengan bantuan SPSS 21 yang terlebih dahulu data dihitung nilai N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan signifikansi model CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah sebesar 0,000, model CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah di daerah industri sebesar 0,096 dan interaksi model pembelajaran CPS disertai scaffolding di daerah industri sebesar 0,610. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa; 2) tidak ada pengaruh model pembelajaran CPS disertai scaffolding terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa di daerah industri; dan 3) tidak ada interaksi antara model CPS disertai scaffolding dan daerah industri terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa di daerah industri.

Kata kunci: model creative problem solving, scaffolding, kemampuan berpikir ilmiah, industri

×
Penulis Utama : Devi Ratnasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831608015
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) disertai Scaffolding terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa di Kawasan Industri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Pendidikan Sains-S831608015-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suciati, M.Pd
2. Prof. Dr. Maridi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.