Penulis Utama : Chaerul Novitasari
NIM / NIP : S831608010
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil miskonsepsi Bakteri pada siswa SMA, mengetahui profil konstruksi konsep Bakteri pada siswa SMA dan mengetahui karakteristik Asessment For Learning (AfL) untuk deteksi miskonsepsi materi Bakteri pada siswa SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berbasis metode penelitian Design Based Research (DBR) yang berlangsung dalam 4 fase. Fasefase pada penelitian Design
Based Research (DBR),yaitu analisis masalah praktis oleh peneliti yang berkolaborasi dengan praktisi, pengembangan solusi-solusi melalui prinsip-prinsip design dan inovasi teknologi, siklus berulang untuk pengujian dan perbaikan solusi dalam bentuk praktik, dan refleksi untuk menghasilkan prinsip-prinsip design dan meningkatkan pelaksanaan solusi.
Produk yang dihasilkan dalam penelitian adalah AfL pada materi Bakteri Kelas X K.D 3.5. Draft AfL divalidasi oleh praktisioner (guru mapel biologi) sebanyak 9 guru anggota MGMP kabupaten Sragen dan ahli/pakar. Analisis miskonsepsi dilakukan pada 103 siswa-siswa yang tersebar di SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Sragen. Teknik analisis pada penelitian ini terdiri dari analisis kualitas butir soal dan analisis data hasil penelitian dengan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) siswa mengalami miskonsepsi pada subkonsep bakteri, yaitu konsep ciri-ciri bakteri dan struktur penyusun tubuh bakteri sebesar 31,07%,  konsep bakteri sebagai organisme prokariotik sebesar 9,71%, klasifikasi bacteria sebesar 9,71%, klasifikasi archaebacteria sebesar 21,36%, bentuk-bentuk bakteri 42,48%, pengelompokan bakteri gram positif dan negatif sebesar 39,81%, dan peranan bakteri sebesar 14,24%. 2) Hasil analisis cara konstruksi konsep siswa, yaitu banyak siswa yang mengalami proses berpikir dengan cara asimilasi, yaitu siswa tersebut mengintegrasikan persepsi, konsep ataupun pengalaman baru ke dalam skema atau pola yang sudah ada dalam pikirannya. 3) Pengembangan AfL memuat dua jenis soal tes, yaitu 6 soal tes diagnostik bukti fakta dan 1 tes StructuralCommunication Grid (SCG).

Kata kunci : Assesment for learning (AfL), miskonsepsi, konstruksi konsep.

 

×
Penulis Utama : Chaerul Novitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831608010
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Assesment For Learning (AfL) untuk Mendeteksi Miskonsepsi dan Cara Konstruksi Konsep Siswa SMA pada Materi Bakteri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Pendidikan Sains-S831608010-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S.P.,M.Si.,Ed.D
2. Puguh Karyanto, S.Si.,M.Si.,Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.