Penulis Utama : Muhammad Syarif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112063
Tahun : 2017
Judul : Studi Formulasi Kebijakan Penguatan Sistem Inovasi Daerah Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. ISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara- D0112063 - 2017
Subyek : : FORMULASI KEBIJAKAN PUBLIK, KEBIJAKAN SISTEM INOVASI DAERAH, PROSES FORMULASI KEBIJAKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

MUHAMMAD SYARIF. D0112063. STUDI FORMULASI KEBIJAKAN PENGUATAN   SISTEM   INOVASI   DAERAH   (SIDa) Kota   Surakarta. Skripsi. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. 2017. 122 Hal.

Penelitian ini menganalisis proses formulasi kebijakan publik, yakni Kebijakan Penguatan Sistem Inovasi Daerah Kota Surakarta. Dalam proses perumusan  kebijakan  penguatan  SIDa  ini  ditemukan  beberapa  masalah  yang terjadi saat proses penyusunan dokumen Roadmap SIDa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai proses formulasi penyusunan kebijakan penguatan SIDa. Penelitian akan menganalisis model formulasi yang digunakan dalam formulasi kebijakan penguatan SIDa, hambatan-hambatan  yang  muncul saat proses formulasi penyusunan kebijakan penguatan SIDa, dan strategi yang digunakan   untuk   mengatasi   hambatan   dalam   proses   formulasi   kebijakan penguatan SIDa. Penelitian ini mengacu pada teorimodel formulasi kebijakan publik yang dikemukakan oleh Thomas R Dye, tahapan formulasi oleh Riant Nugroho, kriteria hasil formulasi oleh Patton dan Sawicki serta kerangka kerja kebijakan  dari  Ag  Subarsono  terkait  strategi  mengatasi  hamabatan  proses formulasi kebijakan penguatan SIDa.
Penelitian ini bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk penentuan informan, peneliti menggunakan purposive sampling, dan validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data atau sumber. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan model analisis data oleh Marshall dan Rossman.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa,dalam proses formulasi kebijakan Penguatan SIDabelum sepenuhnya sesuai dengan normatif. Model formulasi yang dianut oleh pemerintah daerah Kota Surakarta, bidang kelitbangan  Badan  Perencanaan  Penelitian  dan  Pengembangan  Kota Surakarta dominan menggunakan Model Campuran yang terdiri dari Model Kelembagaan, Model Proses dan Model Rasional. Hambatan-hambatan yang muncul dalam proses formulasi kebijakan Penguatan SIDa ditemukan pada tahap penetapan tujuan, pengelolaan sumberdaya dan hambatan dalam aspek tekhnis, dan aspek administratif. Strategi Bidang kelitbangan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kota Surakarta untuk mengatasi hambatan adalah melakukan pendekatan melalui focuss group discussion dengan kelompok kerja (pokja) untuk diskusi rutin setiap satu konsep yang akan dijalankan. Strategi Pejabat Pengembangan dan Pelayanan Solo Technopark adalah berusaha aktif dalam hal menjalin networking dan melakukan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan pihak-pihak yangdiajak kerjasama. Strategi dalam penguatan SIDa Koa Surakarta tercantum dalam Laporan Sistem Inovasi Daerah Kota Surakarta Tahun
2015-2020.

Kata Kunci: Formulasi Kebijakan Publik, Kebijakan Sistem Inovasi Daerah, Proses Formulasi Kebijakan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rutiana Dwi W, S.Sos, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP