Penulis Utama : Nur Aliyah
NIM / NIP : K3113051
×

ABSTRAK

Nur Aliyah. K3113051. PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENGERJAKAN TUGAS SECARA KELOMPOK SEBAGAI REALISASI DARI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK PESERTA DIDIK SMP DI SURAKARTA. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2017

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe-1 yaitu Pengembangan Keterampilan Mengerjakan Tugas Secara Kelompok dengan Metode Numbered Head Together (NHT) Untuk Guru BK yang nantinya akan dilakukan uji keefektifan dan uji kepraktisannya sehingga dapat digunakan oleh guru BK dalam memberikan layanan bimbingan kepada peserta didik, dan selanjutnya adalah untuk mendiskripsikan kajian teoritis tentang keterampilan mengerjakan tugas secara kelompok dan kajian teoritis tentang metode NHT.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Develpoment). Pada penelitian ini, tahap yang dilakukan hanya sampai dengan tahap ketiga yaitu tahap pra pengembangan yang sesuai dengan tujuan penelitian yaitu menghasilkan prototipe-1 berupa panduan layanan bimbingan  mengerjakan  tugas  secara kelompok  menggunakan  numbered  head together untuk SMP. Panduan disusun berdasarkan dari analisis data berupa analisis tingkat kebutuhan dan kepentingan layanan BK menurut peserta didik, orang tua, dan guru BK di SMP Negeri se-Karesidenan Surakarta. Kemudian pemilihan judul penelitian didasarkan pada presentase sangat penting dan sangat membutuhkan dari hasil analisis data kebutuhan tersebut.
Hasil penelitian antara lain adalah, pertama, pada kajian empirik berisi tentang hasil survai yang telah dilakukan oleh Mahasiswa BK angkatan 2012 yang tergabung dalam penelitian payung didapatkan kebutuhan dan kepentingan peserta didik menunjukkan bahwa 38,01% sangat membutuhkan, 51,68% membutuhkan,
37,99% merasa sangat penting dan 51,98% merasa penting terhadap pengembangan keterampilan mengerjakan tugas secara kelompok. Kedua, hasil kajian teoritik tentang keterampilan mengerjakan tugas secara kelompok dan hasil kajian teoritik mengenai NHT. Ketiga, dari hasil studi pendahuluan dan kajian teoritik, maka disusun produk yang berupa buku panduan layanan bimbingan mengerjakan tugas secara kelompok menggunakan NHT untuk SMP. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini terdiri dari 3 produk buku yaitu Buku Pegangan Guru BK, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Lembar Jawab Peserta Didik (LJPD).
Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti lain yang berminat untuk mengembangkan panduan pada tahap pengembangan yang selanjutnya meliputi uji validasi, uji keefektifan dan uji kepraktisan desain, uji lapangan operasional, diseminasi dan implementasi panduan.

Kata kunci: panduan keterampilan mengerjakan tugas secara kelompok, metode pembelajaran kooperatif tipe NHT, peserta didik SMP.

 

×
Penulis Utama : Nur Aliyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113051
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Keterampilan Mengerjakan Tugas Secara Kelompok Sebagai Realisasi dari Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together (Nht) untuk Peserta Didik SMP di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling - K3113051 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Wardatul Djannah, M.Pd
2. Rian Rokhmad Hidayat, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.