Penulis Utama : Millati Azka Hanifa
NIM / NIP : D1217028
×

Media sosial kini tidak hanya digunakan sebagai alat untuk membangun dan menjaga pertemanan, tetapi juga sebagai alat untuk mengklasifikasikan pertemanan berdasarkan pilihan politik pada perhelatan Pilpres 2019, hal tersebut terjadi karena adanya perilaku fanatisme pada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara tingkat partisipasi politik, tingkat preferensi politik, tingkat kelebihan beban informasi terhadap perilaku fanatisme pada Pilpres 2019 pada pengikut akun @Tubirfess. Penulis  menggunakan teori postmodernisme dan teori disonansi kognitif berdasarkan pendapat Festinger dalam McQuail (2008) yang mengatakan manusia mencari gagasan yang memelihara konsistensi dan  menghindari ketidaknyaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode probability random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert dan disebarkan kepada 100 responden. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat partisipasi politik, tingkat preferensi politik, tingkat kelebihan beban informasi terhadap perilaku fanatisme pada Pilpres 2019 pada pengikut akun @Tubirfess. Dengan demikian, seluruh hipotesis yang diajukan oleh peneliti dinyatakan diterima. 

Kata kunci:  Partisipasi Politik, Preferensi Politik, Kelebihan Beban Informasi, Perilaku Fanatisme, Disonanasi Kognitif.

×
Penulis Utama : Millati Azka Hanifa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1217028
Tahun : 2019
Judul : Pilpres 2019 dan Fanatisme di Media Sosial (Studi Korelasi antara Tingkat Partisipasi Politik, Tingkat Preferensi Politik, dan Tingkat Kelebihan Beban Informasi terhadap Perilaku Fanatisme pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 Pada Pengikut Akun Twitter @Tubirfess)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D1217028-2019
Kata Kunci : Partisipasi Politik, Preferensi Politik, Kelebihan Beban Informasi, Perilaku Fanatisme, Disonanasi Kognitif.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mahfud Anshori, S.Sos, M.Si
2. Drs. Adolfo Eko Setyanto, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.