Penulis Utama : Ikah Barokah
NIM / NIP : S851708023
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dengan tujuan meningkatkan metakognisi siswa yang valid, untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifan modul matematika berbasis PBL pada materi SPLDV yang bertujuan meningkatkan metakognisi siswa dan untuk mengetahui apakah metakognisi siswa pada materi SPLDV dengan menggunakan modul matematika berbasis PBL yang telah dikembangkan lebih baik daripada menggunakan buku teks pelajaran matematika yang digunakan di sekolah.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian R&D ini menggunakan tahap pengembangan yang dikemukakan oleh Budiyono yang dimodifikasi terdiri 3 tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian keampuhan produk. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Kota Surakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa dari SMPN 3 Surakarta, SMP Batik Surakarta, dan SMPN 20 Surakarta. Instrumen penelitian ini adalah lembar penilaian modul oleh ahli, angket respon guru dan siswa, angket pengetahuan metakognitif, dan soal tes pengaturan metakognitif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kevalidan berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 3,7, ahli media sebesar 3,73, dan ahli bahasa sebesar 3,81. Ketiga penilaian ahli berada pada kriteria sangat baik. Aspek kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa sebesar 3,04 dengan kriteria setuju dan angket respon guru sebesar 3,48 dengan kriteria sangat setuju. Aspek keefektifan diperoleh dari angket pengetahuan metakognitif dan soal tes pengaturan metakognitif. Hasil dari uji efektifitas menunjukkan bahwa terdapat perbedaan metakognisi siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan modul matematika berbasis PBL pada materi SPLDV. Selain itu, jika dilihat dari masing-masing komponen metakognisi terdapat peningkatan pengetahuan metakognitif dan pengaturan metakognitif siswa sesudah menggunakan modul matematika berbasis PBL pada materi SPLDV. Pada hasil uji keampuhan produk diperoleh bahwa rerata skor metakognisi siswa kelas eksperimen tidak sama dengan skor metakognisi siswa kelas kontrol. Selain itu, jika dilihat dari masing-masing komponen metakognisi yaitu pengetahuan metakognitif dan pengaturan metakognitif yang dimiliki siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kontrol. Berdasar dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metakognisi yang dimiliki siswa kelas eksperimen lebih baik daripada metakognisi yang dimiliki siswa kelas kontrol.

Kata kunci: modul matematika, problem based learning, metakognisi, sistem persamaan linear dua variabel

 

×
Penulis Utama : Ikah Barokah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851708023
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Metakognisi Siswa Kelas VIII SMP di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pend. Matematika-S851708023-2020
Kata Kunci : modul matematika, problem based learning, metakognisi, sistem persamaan linear dua variabel
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Dr. Dewi Retno Sari Saputro, M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.