Penulis Utama : Feby Wulan Fitriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5115024
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh metode backward chaining melalui quiet book dalam meningkatkan kemampuan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang Kelas V SD Di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Program Studi Pendidikan Luar Biasa-K5115024-2019
Subyek : METODE BACKWARD CHAINING, QUIET BOOK, TUNAGRAHITA, KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU BERTALI.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode backward chaining melalui quiet book dalam meningkatkan kemampuan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas V SD di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal/SSR (Single Subject Research) dengan desain penelitian A-B-A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dalam kondisi dan antar kondisi. Validitas instrument dalam penelitian ini menggunakan validitas isi. Reliabilitas menggunakan reliabilitas interrater yang didukung oleh interclass correlation SPSS 23. Hasil analisis data penelitian yang diperoleh pada tiga fase, yaitu fase baseline 1 (A-1) menunjukan rata-rata nilai 41,06. Fase intervensi (B) memperoleh rata-rata nilai 81,81 dan fase baseline 2 (A-2) memperoleh rata-rata nilai sebanyak 86,06. Data penelitian yang diperoleh dalam menggunakan metode backward chaining melalui quiet book menunjukkan peningkatan kemampuan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita kategori sedang dengan tingkat stabilitas pada baseline-1 dan baseline-2 100%, dan intervensi 88,88%.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa metode backward chaining melalui quiet book berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita kategori sedang kelas V SD di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata kunci: metode backward chaining, quiet book, tunagrahita, kemampuan memakai sepatu bertali.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Legal A Feby.pdf
Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si.
2. Arsy Anggrellanggi, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP