Penulis Utama : Abdul Aziz
NIM / NIP : E0011002
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme  akad Mudharabah di Bank Muamalat Cabang Surakarta. Dimana pembiayaan Mudharabah memiliki resiko yang lebih besar dan sulit diterapkan dari pada jenis pembiayaan Murabahah. Dengan tingginya resiko pada pembiayaan bagi hasil, maka bank syariah harus berhati-hati dalam memberikan pembiayaan jenis tersebut. Sehingga tidak setiap pengusaha atau nasabah yang mengajukan pembiayaan kepada bank syariah akan mendapat pembiayaan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Jenis dan sumber data adalah data primer diperoleh dari wawancara dan data sekunder diperoleh dari perundang-undangan, data tertulis yang diperoleh di lokasi penelitian, bahan hukum. Kemudian teknik analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian dan penarikan simpulan serta verifikasi.
Pembahasan penelitian ini memberikan deksripsi tentang mekanisme pembiayaan akad Mudharabah, jaminan dalam pembiayaan Mudharabah, hambatan dan antisipasi tindakan penyelesaian nasabah yang tidak mau membayar, terdapat antisipasi dari pihak bank ketika nasabah tidak mau membayar dengan musyawarah dan jalur pengadilan. Kesimpulan dari penelitian, mekanisme pembiayaan akad Mudharabah yang selama 2 tahun terakhir mengalami penurunan yang banyak disebabkan oleh regulasi dari Bank Muamalat yang semakin sulit.
Kata Kunci: mekanisme, Mudharabah, Antisipasi, hambatan  

 

×
Penulis Utama : Abdul Aziz
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0011002
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Prinsip Bagi Hasil dalam Pembiayaan Akad Mudharabah Studi di Bank Muamalat Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0011002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Rianto, S.H, M.Hum
2. Solikhah, S.H, M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.