Penulis Utama : Laila Rossana
NIM / NIP : S991802008
×

Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan. Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri empat tahp, yaitu: 1) Define (pendefinisian), 2) Design (perencanaan), 3) Develop  (pengembangan), 4) Disseminate (penyebarluasan). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik program keahlian akuntansi di SMK Negeri Surakarta, dan mengambil 2 sekolah untuk dijadikan sampel. Analisis data yang digunakan selama pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan media berdasarkan skor kriteria, dan analisis tes keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar melalui t-test. Media komik digital pada pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan dibuat berdasarkan kebutuhan siswa dan guru.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran akuntansi di SMK Kota Surakarta dirasa membosankan oleh peserta didik, penggunaan media pembelajaran belum optimal dan motivasi serta keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong rendah yaitu dengan rata-rata 50,29% dan 53,99%. 2) Media komik digital yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan media dengan kategori sangat baik dari ahli media sebesar 93,6%, ahli materi sebesar 93%, ahli bahasa sebesar 100 %, dan praktisi sebesar 84,5%. Hal ini didukung oleh data pada hasil uji coba terbatas yang menunjukkan respon positif dari peserta didik yang menggunakan media komik digital akuntansi, yakni sebesar 85,20% dengan kriteria sangat baik. 3) Media komik digital pada pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal tersebut didasarkan pada rerata N-gain score motivasi belajar peserta didik sebesar 0,7 dengan kategori tinggi dan rerata N-gain score keterampilan berpikir kritis peserta didik sebesar 0,4 dengan kategori sedang.

Kata Kunci : Keterampian Berpikir Kritis, Komik Digital, Pembelajaran Berbasis Masalah

 

×
Penulis Utama : Laila Rossana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991802008
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Komik Digital pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Akuntansi bagi Peserta Didik SMK Negeri di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Program Studi Pendidikan Ekonomi-S991802008-2020
Kata Kunci : Keterampian Berpikir Kritis, Komik Digital, Pembelajaran Berbasis Masalah
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Siswandari, M.Stat
2. Dr. Sudiyanto., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.