Penulis Utama : Joko Sutomo
NIM / NIP : A121408076
×

ABSTRAK

Joko Sutomo. A121408076. 2018. IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA KABUPATEN BOYOLALI (Studi Evaluasi Kualitas Pelaksanaan Kurikulum 2013). Pembimbing I Prof. Dr. Sugiyanto, Pembimbing II Prof. Dr. Agus Kritiyanto, M.Pd. Tesis Pascasarjana Program Studi Ilmu keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat kualitas implementasi kurikulum dan kendala-kendala yang dihadapi. Evaluasi pelaksanaan kurikulum ini bersifat formatif, dimana tujuan akhirnya adalah meningkatkan mutu dari implementasi sehingga sebuah kurikulum dapat ditingkatkan mutu terapannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran (mix-method) dengan penelitian kualitatif dan kuantitatif dalam evaluasi yang mengadopsi model evaluasi CIPP. Variabel konteks, input, proses, dan produk, diukur dengan instrumen berupa kuesioner dikombinasikan dengan metode wawancara, observasi dan studi dokumen Validitas data menggunakan teknik triangulasi konkuren. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Kesimpulan yang dipaparkan merupakan hasil dari sajian data berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang saling menguatkan.
Hasil penelitian pada obyek bahwa dalam mengkaji perubahan kurikulum guru pendidikan jasmani olaharaga dan kesehatan menunjukkan pemahaman yang baik (77,33%). Sekolah pelaksana didukung komponen sekolah yang relatif baik (82,20%).
Dalam pelaksanaan masih ditemukan beberapa guru yang terjebak dalam strategi konvensional, namun demikian secara umum sudah menerapkan pendekatan scientific secara baik (87,60%). Terjadi peningkatan aktivitas, motivasi, dan semangat belajar
peserta didik (86,40%).  Kendala  yang ditemukan selama pelaksanaan  adalah  masih
terdapat guru yang belum pernah diklat, kurang maksimal dalam menerapkan basis teknologi, kesulitan menerapkan startegi belajar-mengajar berbasis pemecahan masalah, terbatasnya ketersediaan sarana prasarana belajar, dan kurang tepat dalam pemilihan strategi penilaian.
Kesimpulan bahwa implementasi kurikulum pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMA Kabupaten Boyolali sebagai pelaksana Kurikulum 2013 mencapai tingkat kualitas tinggi atau baik, namun demikian masih ditemukan beberapa kendala dalam proses implementasinya. Untuk itu perlu diadakan perbaikan-perbaikan, baik dari komponen konteks, input, proses, maupun produk.

×
Penulis Utama : Joko Sutomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121408076
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Kurikulum Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Sma Kabupaten Boyolali (Studi Evaluasi Kualitas Pelaksanaan Kurikulum 2013)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-A121408076-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.