Penulis Utama : Erna Gesti Fadrusiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S151708004
Tahun : 2020
Judul : Peran Komunitas Jaga Sesama sebagai Kajian Community Civics dalam Memperkuat Sikap Religius dan Toleransi untuk Mewujudkan Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Program Studi Magister Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S151708004-2020
Subyek : KOMUNITAS, RELIGIUS, TOLERANSI, COMMUNITY CIVICS
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian dilakukan untuk mengetahui: 1) Peran Komunitas Jaga Sesama sebagai Community Civics terhadap masyarakat Surakarta dalam memperkuat sikap religius dan toleransi untuk mewujudkan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, 2) Untuk mengetahui sikap religius dan toleransi setelah mengikuti kegiatan Komunitas Jaga Sesama.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik purposive sampling dipilih untuk pengambilan subyek penelitian. Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan sembilan orang, observasi dan studi dokumen. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi data dan triangulasi metode, sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian melalui tahap persiapan, pelaksanaan kemudian penyusunan laporan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Komunitas Jaga Sesama dapat dikatakan sebagai objek kajian Community Civics karena terdapat ilmu untuk mengajak masyarakat untuk mampu menciptakan hubungan yang baik dengan lingkuangan sosialnya sehingga komunitas ini berperan sebagai fasilitator, pendidik dan representasi. Selain itu, dengan adanya beberapa kegiatan komunitas membantu anggota dalam memperkuat sikap religius dan toleransi sehingga mewujudkan Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa; 2) Adanya sikap religius dan toleransi setelah mengikuti komunitas Jaga Sesama yang ditunjukkan dari perilaku taat beribadah, rajin sholat, membaca al quran, mengikuti kajian agama, mau menerima anggota lain yang berbeda status sosialnya dan juga menghargai serta menghormati agama atau kepercayaan orang lain.

Kata Kunci : Komunitas, Religius, Toleransi, Community Civics

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rini Triastuti, S.H., M.Hum
2. Dr. Winarno, S.Pd., M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana