Penulis Utama : Bibit Purnomowati
NIM / NIP : K2213013
×

Tujuan Penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan apakah teknik guided writing dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas dua SMP Negeri 1 Puring, 2) untuk mendeskripsikan situasi kelas pada saat teknik guided writing diterapkan di kelas menulis.
Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, kuisioner, foto, dan tes (pre-tes dan post-tes). Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, pengkategorian  data,  membandingkan  data,  interpretasi  data,  dan  melaporkan hasil, untuk kualitatif data. Sementara untuk data kuantitatif dianalisis dengan membandingkan nilai rata-rata siswa dari pre-tes dan post-tes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan teknik guided writing dapat   meningkatkan   kemampuan   menulis   siswa.   Ini   dapat   dilihat   dari peningkatkan nilai rata-rata siswa. Nilai rata-rata pre-tes siswa adalah 57,06, yang meningkat menjadi 71,39 pada pos-tes 1 dan menjadi 79,83 pada pos-tes 2; (2) penggunaan teknik guided writing memberi efek positif pada situasi kelas. Teknik guided writing meningkatkan situasi kelas menjadi lebih aktif dan interaktif. Teknik guided writing juga membuat siswa menjadi lebih aktif dan membuat siswa menaruh perhatian penuh dalam proses pembelajaran. Kemudian, teknik guided writing dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

 

×
Penulis Utama : Bibit Purnomowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2213013
Tahun : 2017
Judul : The Use Of Guided Writing Technique to Enhance The Writing Skill of The Second Grade Students of Junior High School 1 Puring In The Academic Year Of 2016-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Inggris-K2213013-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Martono, MA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.