Penulis Utama : Ambar Sukmawarti
NIM / NIP : G0015018
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Somatotype ialah salah satu cara untuk mendeskripsikan seseorang secara kuantitatif dengan memperhatikan bentuk dan komposisi tubuh manusia. Tiga jenis penggolongan somatotype pada metode Heath-Carter yaitu endomorphy, mesomorphy dan ectomorphy. Somatotype menentukan performa atlet melalui kondisi fisik, seperti accuracy dan coordinacy. Accuracy, selain dipengaruhi oleh somatotype, masih dipengaruhi faktor lain, seperti koordinasi, teknik, besar kecilnya sasaran dan jauh dekatnya bidang sasaran. Coordinacy sendiri dipengaruhi oleh kemampuan pengaturan syaraf pusat dan tepi, kemampuan tonus dan elastisitas dari otot yang bekerja, dan panca indera. Salah satu olahraga yang memerlukan accuracy dan coordinaxy adalah futsal. Accuracy dan coordinacy sangatlah dibutuhkan untuk meningkatkan teknik dasar passing futsal. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara somatotype dengan passing accuracy dan passing coordinacy pemain futsal AFK Sukoharjo. 

Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 24 sampel. Semua sampel dihitung jenis somatotype dengan menggunakan metode Heath-Carter, yang menentukan somatotype berdasarkan pengkuran antropometri. Semua sampel diukur passing accuracy menggunakan forward pass for accuracy test dan passing coordinacy menggunakan soccer wall volley test. Analisis data untuk mengetahui hubungan antara somatotype dengan passing accuracy dan passing coordinacy pemain futsal AFK Sukoharjo. adalah uji koefisien kontingensi. 

Hasil: Hasil uji koefisien kontingensi untuk mengetahui hubungan antara somatotype dengan passing accuracy dan passing coordinacy pemain futsal AFK Sukoharjo. Didapatkan nilai p = 0.004 dan r = 0.741  (p = 0.05, r = 0.5) pada somatotype dan passing accuracy. Somatotype dan passing coordinacy dengan  nilai  p = 0.264 dan r = 0.615 (p = 0.05, r = 0.5). 

Kesimpulan: Somatoype memiliki hubungan terhadap passing accuracy dan tidak berhubungan dengan passing coordinacy pemain futsal AFK Sukoharjo.

Kata Kunci: Somatotype, passing accuracy, passing coordinacy , futsal 

×
Penulis Utama : Ambar Sukmawarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015018
Tahun : 2018
Judul : Hubungan antara Somatotype dengan Passing Accuracy dan Passing Coordinacy Pemain Futsal Afk Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Kedokteran-G0015018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dhoni Akbar Gozali,dr.,M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.