Penulis Utama : Tri Iswoyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121608049
Tahun : 2018
Judul : Penyelenggaraan Kelas Khusus Olahraga Sebagai Sarana Pembinaan Prestasi Olahraga Pelajar ( Studi Kasus Kelas Khusus Olahraga Di Sma N 4 Kota Tegal)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-A121608049-2018
Subyek : PEMBINAAN PRESTASI, KELAS OLAHRAGA, MANAJEMEN OLAHRAGA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tri Iswoyo. A121608049. 2018 PENYELENGGARAAN KELAS KHUSUS OLAHRAGA SEBAGAI SARANA PEMBINAAN PRESTASI PELAJAR. Pembimbing I Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd, Pembimbing II Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr.,SU,AIFO.MARS. Tesis Pascasarjana Program Studi Ilmu Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah memahami dan menganalisa sekitar 1) keberlangsungan kelas khusus olahraga di sekolah menengah atas 4 Kota Tegal, 2) Sistem organisasi kelas olahraga khusus di sekolah menengah atas 4 Kota Tegal,3) Untuk mengetahui manajemen yang ada dalam kelas khusus olahraga di Kota Tegal,
4)Untuk mengetahui pembinaan serta pencapaian kelas khusus olahraga di Kota Tegal.
Penelitian  ini  dilakukan  di  SMA  N  4  Kota  Tegal.  Penelitian  ini  adalah kualitatif, dan disajikan dalam pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, analisis dokumen, dan wawancara.
Hasil dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Kelas khusus olahraga aktif selama 3 tahun dari 2013-2016 dan ditutup pada tahun ke empat pada tahun 2016/2017.
2) Sistem organisasi dalam kelas khusus olahraga sama seperti kelas reguler lainnya kepala sekolah sebagi pemegang jabatan tertinggi, hanya saja sebagi penggerak siswa bukan hanya guru kelas tetapi pelatih dan guru olahraga. 3) Manajemen Kelas olahraga yang sudah baik dari mulai Peneimaan, fasilitas dan evaluasi sesua dengan rancangan awal pembentukan kelas khusu olahraga.4) Pembinaan prestasi yang dilakukan sangat baik dengan sumberdaya pelatih yang menunjang serta sarana dan prasarana yang memadai sangat menunjang pembinaan prestasi yang ada pada kelas khusus olahraga, hal tersebut di lihat dari beberapa prestasi dari kelas olahraga yang baik di tingkat Kota
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kelas olahraga khusus telah berjalan cukup baik dengan prestasi-prestasi dan manajemen yang bagus berjalan selama 3 tahun dengan  sistem organisasi  yang sudah terstruktur cukup baik, tetapi mengalami penutupan pada tahun ke 4 dengan alasan dana yang diberhentikan karena beberapa faktor.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Bab (1).pdf
Bab (2).pdf
Bab (3).pdf
Bab (4).pdf
Bab (5).pdf
Daftar pustaka.pdf
Halaman depan.pdf
tri iswoyo.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana