Penulis Utama : Endah Fitriati
NIM / NIP : E0012133
×

ABSTRAK

 

 

Endah Fitriati. 2019. PENGAWASAN OLEH PEMERINTAH KABUPATEN SRAGEN TERHADAP PEREDARAN MAINAN ANAK DALAM RANGKA PERLINDUNGAN TERHADAP KONSUMEN. Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Sragen terhadap peredaran mainan anak di wilayah Kabupaten Sragen dan hambatan yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten Sragen dalam melakukan pengawasan terhadap mainan anak di wilayah Kabupaten Sragen.

Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah berupa pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan  Kabupaten Sragen. Jenis data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan teknik analisis data berupa analisa kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Sragen dilaksanakan berdasarkan dua bentuk pengawasan yaitu pengawasan berkala dan pengawasan khusus. Hambatan yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten Sragen dalam melakukan pengawasan yaitu tidak memiliki kewenangan secara penuh terhadap pengawasan peredaran mainan anak, pengawasan peredaran mainan anak masih dilakukan secara kasat mata, belum ada sosialisasi yang khusus membahas mainan anak wajib SNI di Kabupaten Sragen, serta biaya pengurusan SNI (Standar Nasional Indonesia) pada mainan yang mahal bagi pelaku usaha IKM (Industri Kecil dan Menengah).

×
Penulis Utama : Endah Fitriati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012133
Tahun : 2018
Judul : Pengawasan Oleh Pemerintah Kabupaten Sragen Terhadap Peredaran Mainan Anak Dalam Rangka Perlindungan Terhadap Konsumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Hukum-E0012133-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Purwono Sungkowo Raharjo, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.