Penulis Utama : Shintya Yahya
NIM / NIP : K2215055
×

Dalam konteks kelas bahasa Inggris, bahasa menjadi subjek untuk dipelajari sekaligus alat untuk berinteraksi dan bertukar informasi maupun pengetahuan antara guru dan siswa. Pertanyaan guru merupakan bagian dari interaksi kelas yang paling sering terjadi dan berperan penting untuk membantu siswa memahami materi maupun memproduksi bahasa yang dipelajari yakni bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis jenis-jenis pertanyaan guru dalam interaksi kelas; 2) menganalisis fungsi pragmatik dari pertanyaan guru, dan 3) menganalisis skill bertanya yang harus diterapkan dan diperhatikan oleh guru.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana untuk mengumpulkan data dilakukan observasi kelas, perekaman interaksi kelas, dan wawancara. Pada penelitian ini ditemukan bahwa guru menerapkan ragam pertanyaan yang bervariasi selama pembelajaran. Dari 268 pertanyaan tersebut mencakup convergent (56%/150), divergent (10,4%/28), and procedural (33,6%/90). Dari ketiga jenis pertanyaan tersebut, ditemukan juga bahwa ada sembilan fungsi pragmatik dimana yang paling sering terjadi adalah fungsi eliciting information (73,5%/197 dari 268). Sementara fungsi yang paling sedikit terjadi adalah fungsi permission yang mempunyai frekuensi satu kali muncul selama pembelajaran. Dalam melakukan kegiatan bertanya, guru memperhatikan cakupan jenis pertanyaan, keterlibatan siswa, dan waktu yang cukup untuk siswa memikirkan jawabannya.
Masing-masing jenis pertanyaan memiliki tujuan masing-masing terutama terhadap keterlibatan siswa dalam interaksi kelas. Ketika bertanya, guru terkadang tidak menyampaikan maksud atau makna secara eksplisit. Maka dari itu, analisis fungsi pragmatik diperlukan untuk menemukan makna sesungguhnya dari pertanyaan untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman antara guru dengan siswa. Semua tujuan dan fungsi pragmatik tersebut akan lebih tersampaikan atau dipahami oleh siswa jika guru memperhatikan keahlian-keahlian dalam bertanya.


Keywords: pertanyaan guru, fungsi pragmatik, interaksi kelas, keahlian menanya

 

×
Penulis Utama : Shintya Yahya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2215055
Tahun : 2017
Judul : An Analysis Of Teacher’s Questioning in Classroom Interaction of English Language Teaching
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Bahasa Inggris- K2215055-2020
Kata Kunci : pertanyaan guru, fungsi pragmatik, interaksi kelas, keahlian menanya
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suparno, M.Pd.
2. Hefy Sulistyawati, S.S, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.