Penulis Utama : Jaka Yudhistira Lazuardhy
NIM / NIP : F0214062
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : 1) pengaruh kepemimpinan, keadilan organisasional, kompensasi, kebijakan dan peraturan kerja, serta pelatihan dan pengembangan sebagai anteseden keterikatan karyawan pada keterikatan karyawan, 2) pengaruh keterikatan karyawan pada komitmen organisasional serta kinerja sebagai konsekuensi keterikatan karyawan, 3) keterikatan karyawan memediasi pengaruh antara anteseden dan konsekuensi keterikatan karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan tetap bank yang bekerja di Surakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 350 karyawan tetap yang berasal dari sembilan lembaga perbankan di Surakarta.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dan metode yang digunakan baron Kenny (1986) yaitu analisis regresi dengan variabel mediator untuk menguji pengaruh mediasi dengan menggunakan program SPSS versi 16.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan, 1a) kepemimpiminan, keadilan organisasional serta pelatihan dan pengembangan berpengaruh signifikan pada keterikatan karyawan sedangkan, 1b) kompensasi serta kebijakan dan peraturan kerja tidak memiliki pengaruh signifikan pada keterikatan karyawan, 2) keterikatan karyawan berpengaruh signifikan pada komitmen organisasional dan kinerja karyawan, 3a) keterikatan karyawan tidak memdiasi hubungan kompensasi serta kebijakan dan peraturan kerja pada konsekuensi keterikatan karyawan, 3b) keterikatan karyawan memediasi secara parsial hubungan antara keadilan organisasional serta pelatihan dan pengembangan terhadap komitmen organisasional dan juga hubungan antara kepemimpinan dan keadilan organisasional terhadap kinerja, 3c) keterikatan karyawan memediasi secara penuh hubungan antara kepemimpinan pada komitmen organisasional serta pelatihan dan pengembangan variabel kinerja.
Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan yaitu jumlah sampel responden belum bisa menggambarkan kondisi secara umum dan metode pengambilan data yang terbatas melalui kuesioner saja. Sehingga diharapkan ada perbaikan dalam penelitian selanjutnya.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Keadilan Organisasional, Kompensasi, Kebijakan dan Peraturan Kerja, Pelatihan dan Pengembangan, Keterikatan Karyawan, Komitmen Organisasional, Kinerja

 

×
Penulis Utama : Jaka Yudhistira Lazuardhy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0214062
Tahun : 2019
Judul : Anteseden dan konsekuensi keterikatan karyawan (Studi pada karyawan tetap lembaga perbankan Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Manajemen-F0214062-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Salamah Wahyuni, SU,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.