Penulis Utama : Mohamad Iqbal Nur Syamsi
NIM / NIP : K7614032
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui pengaruh efektifitas pembelajaran di sekolah dan niat masuk perguruan tinggi negeri terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta; 2) mengetahui pengaruh efektivitas pembelajaran di sekolah terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta.  3) mengetahui pengaruh niat masuk perguruan tinggi negeri terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta.

Penelitianaini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Surakarta dan merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitianbini berjumlah 289 dan sampel berjumlah 75 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner.bTeknik analisis data adalah analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t serta koefisien determinasi.

Berdasarkanuuji statistik diperoleh kesimpulan bahwa((1) hasil pengujian terdapat pengaruh antara efektivitas pembelajaran di sekolah dan niat masuk perguruan tinggi negeri terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta dengan menggunakan program bantuSSPSS, diketahui besarnya Fstatistik = 15,205 > Ftabel = 3,12 dengan menggunkan signifikasi sebesar 0,000 < 0 xss=removed> ttabel = 1,993 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara efektifitas pembelajaran di sekolah terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta. (3) hasilppengujian diperoleh thitung = 3,243 > ttabel = 1,993, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara niat masuk perguruan tinggi negeri terhadap minat siswa mengikuti bimbingan belajar di SMA Negeri 3 Surakarta.

Kata kunci: Efektivitas pembelajaran, Niat masuk perguruan tinggi dan Minat bimbingan belaja

×
Penulis Utama : Mohamad Iqbal Nur Syamsi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7614032
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Efektivitas Pembelajaran di Sekolah dan Niat Masuk Perguruan Tinggi Negeri Terhadap Minat Siswa Mengikuti Bimbingan Belajar di Sma Negeri 3 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Ekonomi-K7614032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunarto, M.M.,
2. Jonet Ariyanto, SE, MM,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.