Penulis Utama : Ristan Anerangi Puri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0115080
Tahun : 2019
Judul : Analisis Efektivitas dan Efisiensi Anggaran Belanja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Magelang Tahun 2016-2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0115080-2019
Subyek : ANGGARAN BELANJA, EFEKTIVITAS, EFISIENSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak
Pada prinsipnya, anggaran pendapatan dan belanja daerah merupakan kompilasi dari rencana kegiatan anggaran dari masing-masing OPD. Artinya, OPD memiliki peran yang penting dalam perencanaan serta realisasi dari anggaran pemerintah daerah. Dengan demikian,hal yang harus diutamakan adalah bagaimana perencanaan dan realiasi anggaran pada setiap OPD. Namun, penelitian mengenai efektivitas dan efisiensi anggaran pada level OPD masih sangat terbatas.
Penelitian ini menganalisis efisiensi dan efektivitas aggaran belanja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Magelang. Metode deskriptif dan eksploratori digunakan untuk menganalisis data primer dan sekunder yang dikumpulkan dari Laporan Realisasi Anggaran (LRA) tahun 2016-2018. Wawancara singkat digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi dan efektifitas dari anggaran belanja OPD yang memiliki nilai terendah. Hasil penelitian ini menunjukkan tingginya efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaan belanja di OPD dengan variasi efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran. Selain itu ditemukan bahwa isu perencanaan merupakan masalah rutin yang menyebabkan rendahnya efisiensi dan efektivitas penggunaan anggaran belanja.
Kata kunci : efektivitas, efisiensi, anggaran belanja

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Awal.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.E
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis