Penulis Utama : Sigit Kuncoro
NIM / NIP : C9413052
×

ABSTRAK

 

 

 

 

 

Sigit Kuncoro, C9413052, 2017, OPTIMALISASI PERTUNJUKAN SENDRATARI RAMAYANA SEBAGAI DAYA TARIK WISATA TAMAN BALEKAMBANG SURAKARTA. Program Diploma III Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret.

 

Laporan   tugas   akhir   ini   mengkaji   tentang   optimalisasi   pertunjukan Sendratari Ramayana sebagai daya tarik wisata Taman Balekambang Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Sendratari Ramayana Taman Balekambang Surakarta, daya tarik Sendratari Ramayana Taman Balekambang Surakarta, kendala-kendala pertunjukan Sendratari Ramayana, hasil pendekatan analisa 4A dan SWOT terhadap Sendratari Ramayana Taman Balekambang.

 

Penulisan   laporan   ini    disajikan   secara   deskriptif   kualitatif   untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan Sendratari Ramayana Taman Balekambang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumen dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa optimalisasi pertunjukan Sendratari Ramayana  merupakan  langkah  jangka  panjang  untuk  mengembangan  atraksi wisata di Taman Balekambang yang bertujuan sebagai daya tarik kunjungan wisatawan  ke  Kota  Surakarta  serta  sebagai  upaya  menjaga  dan  melestarikan budaya seni pertunjukan Jawa dengan menjalin kerjasama bersama sanggar maupun pelaku kesenian di Kota Surakarta untuk terus berkarya dan menghibur bagi masyarakat luas.

 

Kesimpulan   dari   penelitian   ini   adalah   daya   tarik   seperti   Sendratari Ramayana Taman Balekambang Surakarta merupakan pertunjukan non komersial (gratis), menampilkan sanggar yang berbeda-beda pada setiap lakon, Sendratari Ramayana Taman Balekambang mempunyai keunikan yaitu menampilkan satu lakon   atau   cerita   pada   setiap   bulannya.   Untuk   perkembangan   Sendratari Ramayana dari tahun awal pementasan yaitu 2012 sampai 2016 mengalami kemajuan dan peningkatan baik fasilitas maupun jumlah penonton yang selalu memadati open stage. Adapun kendala yang dihadapi seperti faktor cuaca dan peralatan yang masih lengkap dapat diatasi dengan cara sebagai berikut : untuk faktor cuaca, apabila pementasan mengalami kendala maka otomatis akan dipindahkan ke Gedung Kethoprak. Maka pada musim penghujan, biasanya pementasan akan sering digelar dalam ruangan gedung dan untuk peralatan, pihak pengelola segera membuat anggaran pengembangan fasilitas sarana prasarana pertunjukan Sendratari Ramayana Taman Balekambang.

×
Penulis Utama : Sigit Kuncoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9413052
Tahun : 2017
Judul : Optimalisasi Pertunjukan Sendratari Ramayana Sebagai Daya Tarik Wisata Taman Balekambang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Ilmu Budaya Diploma III Usaha Perjalanan Wisata-C9413052-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sawitri Pri Prabawati, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.