Penulis Utama : Soraya Widyadana
NIM / NIP : F0115085
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh subsidi BBM, PDB, jumlah kendaraan dan cadangan devisa terhadap impor minyak bumi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data time series, yaitu data kuartal dari tahun 2008- 2017. Uji Error Correction Model-Engel Granger (ECM-EG) diterapkan dalam penelitian ini utuk mengetahui hubungan jangka panjang dan jangka pendek antara variabel dependen dan independen.
Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan variabel subsidi BBM, PDB, jumlah kendaraan dan cadangan devisa berpengaruh signifikan terhadap impor minyak bumi. Sedangkan secara parsial pada jangka pendek variabel subsidi BBM berpengaruh signifikan terhadap impor minyak bumi. Pada jangka panjang variabel subsidi BBM dan jumlah kendaraan berpengaruh signifikan terhadap impor minyak bumi. Uji koefisien determinasi R2 pada jangka pendek sebesar 74% dan pada jangka panjang adalah sebesar 81%.
Implikasi dari penelitian ini yaitu diharapkan pemerintah dapat meningkatkan produksi minyak bumi di Indonesia. Pemerintah harus membuat kebijakan untuk pengembangan energi pengganti minyak bumi dan masyarakat mampu mengurangi konsumsi minyak atau meningkatkan efisiensi pemanfaatan minyak agar mengurangi ketergantungan minyak bumi.
Kata Kunci: Impor minyak bumi, Subsidi BBM, PDB, Jumlah kendaraan, Cadangan devisa, ECM

×
Penulis Utama : Soraya Widyadana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0115085
Tahun : 2019
Judul : Determinan Impor Minyak Bumi di Indonesia Tahun 2008 – 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F0115085-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurul Istiqomah, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.