Penulis Utama : Hapsari
NIM / NIP : R0316014
×

Ruang ligkup : Asuhan kebidanan  terintegrasi  dimulai dari masa kehamilan, bersalin,  nifas,  bayi  baru  lahir  hingga  keluarga  berencana.  Asuhan  diberikan secara komprehensif sesuai dengan standar asuhan kebidanan untuk menjamin kesejahteraan ibu dan bayi serta deteksi dini komplikasi
Pelaksanaan : Asuhan kehamilan dengan pemberian konseling cara mengatasi keluhan nyeri punggung. Asuhan persalinan normal dengan induksi oksitosin atas indikasi kehamilan lewat waktu. Asuhan nifas dengan memberikan konseling rasa mules dan takut BAB karena nyeri luka jahitan adalah fisiologis. Asuhan BBL dengan  memastikan  pemberian  ASI  eksklusif.  Pada  asuhan  KB  ibu  diberi konseling tentang pemilihan alat kontrasepsi.
Evaluasi : Asuhan kehamilan tidak ditemukan adanya komplikasi. Persalinan spontan dengan induksi dan pada waktu pelaksanaan IMD hanya 10 menit, masa nifas dan BBL berlangsung normal, ibu tidak mendapatkan Vitamin A segera setelah lahir, bayi mendapatkan ASI Ekslusif serta ibu memilih metode KB MAL dan bersedia menggunakan suntik 3 bulan.
Simpulan dan saran : Terdapat kesenjangan pada asuhan persalinan dan nifas yaitu waktu pelaksanaan IMD hanya 10 menit dan tidak diberikan vitamin A oleh RS dr. Oen Sukoharjo. Vitamin A diberikan pada hari ke kempat di Puskesmas Kratonan. Instani kesehatan dalam hal ini RS dr. Oen Sukoharjo diharapkan dapat menerapkan waktu pelaksanaan IMD dan pemberian vitamin A sesuai standar pelayanan kebidanan di Indonesia.
Kata kunci : Asuhan Kebidanan, Terintegrasi, Induksi, IMD

×
Penulis Utama : Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0316014
Tahun : 2019
Judul : Asuhan kebidanan terintegrasi pada NY F umur 31 tahun di Puskesmas Kratonan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fakultas Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Kebidanan
Kolasi :
Sumber : UNS-FK Prog. DIII Kebidanan -R0316014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Anggarini P, S.SiT.,M.Kes
2. Eka Pratiwi P, S.ST
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.