Penulis Utama : Novilia Dyah Candra Purnama Putri
NIM / NIP : K7116134
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Giving Question Getting Answer (GQGA) pada peserta didik kelas IVA di SD Djama'atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA di SD Djama'atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2019/2020 dan guru kelas. Jumlah peserta didik yaitu 29, yang terdiri dari 14 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian validitas data dalam penelitian ini menggunakan validitas isi dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif Miles-Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Penelitian ini memperoleh hasil ketuntasan klasikal pada pengamatan yaitu sebesar 20,69% pada pratindakan, meningkat menjadi 51,72% pada siklus pertama, dan kemudian meningkat menjadi 86,21% pada siklus kedua. Hasil pengamatan tersebut diperkuat dengan hasil angket yang memperoleh hasil ketuntasan klasikal sebesar 24,14% pada pratindakan, meningkat menjadi 72,41% pada siklus pertama, dan kemudian meningkat menjadi 86,21% pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Giving Question Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas IVA SD Djama'atul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: giving question getting answer (GQGA), keaktifan dalam pembelajaran, pembelajaran ips, sekolah dasar

 

×
Penulis Utama : Novilia Dyah Candra Purnama Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116134
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Giving Question Getting Answer (GGQA) untuk Meningkatkan Keaktifan dalam Pembelajaran IPS (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IVA SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prodi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116134- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M. Pd.
2. Dra. Yulianti, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.