Penulis Utama : Berlian Shera Nuraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5115014
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Penerapan Simulation Based Learning Terhadap Kemampuan Pengembangan Diri Materi Menstruasi pada Siswa Tunagrahita Usia Remaja Awal di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5115014-2019
Subyek : MENSTRUASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan simulation based learning terhadap kemampuan merawat diri saat menstruasi pada siswa tunagrahita usia remaja awal di SLB PANCA BAKTI MULIA Surakarta tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen subjek tunggal/Single Subject Research/SSR dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswi tunagrahita usia remaja awal di SLB Panca Bakti Mulia Surakarta tahun ajaran 2018/2019 yang belum dapat merawat diri saat menstruasi secara mandiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes tindakan dan wawancara (sebagai data pendukung). Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi. Reliabilitas instrumen menggunakan reliabilitas interrater, yang didukung oleh interclass correlation menggunakan SPSS 22. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan visual grafik dalam kondisi dan antar kondisi.
Hasil analisis data, diketauhi fase baseline-1 (A1) memiliki rata-rata 50,33 yang memasuki kategori kurang mandiri. Fase intervensi (B) memiliki rata-rata 79,12 yang memasuki kategoi mandiri, dan hasil analisis data yang diperoleh pada fase baseline-2 (A2) memiliki rata-rata 90 yang memasuki kategori amat mandiri. Hasil tersebut menunjukkan bahwa simulation based learning berpengaruh terhadap kemampuan merawat diri saat menstruasi, siswa tunagrahita usia remaja awal di SLB PANCA BAKTI MULIA Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019.
Kata kunci: simulation based learning, siswa tunagrahita, kemampuan merawat diri saat menstruasi.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Subagya, M.Si.
2. Mohammad Anwar, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP