Penulis Utama : Mage Nugroho
NIM / NIP : K1214033
×

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini  adalah mendeskripsikan; (1) konflik batin yang dialami tokoh utama dalam novel Burung-Burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya; (2) nilai pendidikan karakter dalam novel Burung-Burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya; dan (3) relevansi novel Burung-Burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA.

Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Pengkajian konflik batin dilakukan dengan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Data penelitian diperoleh dari kutipan novel Burung-Burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya dan informasi dari guru. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis data dan wawancara. Uji validitas yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik mengalir.

Hasil penelitian ini ditemukan adanya id, ego, dan superego yang mempengaruhi kepribadian tokoh. Ketidakseimbangan antara id, ego, dan superego menyebabkan terjadinya konflik batin. Nilai pendidikan karakter yang muncul religius, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli sosial, dan tanggung jawab. Novel ini relevan dengan tujuan instruksional yang harus dicapai dari aspek isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikaan.

×
Penulis Utama : Mage Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1214033
Tahun : 2019
Judul : Konflik Batin dan Nilai Pendidikan Karakter Novel Burung-Burung Manyar Karya Y.B. Mangunwijaya serta Relevansiya dengan Pembelajaran Apresiasi Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1214033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.
2. Dr. Raheni Suhita, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.