Penulis Utama : Dini Silmy
NIM / NIP : K1212022
×

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: 1) implikatur dalam tayangan Singkap di Kompas TV, 2) nilai-nilai karakter dalam tayangan Singkap di Kompas TV, 3) relevansi analisis implikatur dan nilai-nilai karakter dalam tayangan Singkap di Kompas TV sebagai bahan ajar teks sejarah siswa kelas XII SMA.

Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik simak, catat, laporan pengamatan, dan wawancara. Teknik validitas data menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif.

Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) implikatur dalam tayangan Singkap di Kompas TV adalah implikatur konvensional sebanyak 25 tuturan  dan  implikatur  nonkonvensional  sebanyak  75  tuturan,  2)  nilai-nilai karakter dalam tayangan Singkap di Kompas TV meliputi: religius, nasionalis, integritas, kemandirian, dan kegotongroyongan, 3) relevansi tayangan Singkap di Kompas TV adalah sebagai bahan ajar teks sejarah untuk siswa kelas XII SMA pada pembelajaran menginterpretasi makna teks sejarah baik secara lisan maupun tulisan.

Kata kunci : tayangan Singkap di Kompas TV, pragmatik, implikatur, nilai-nilai karakter, bahan ajar, teks sejarah.

 

×
Penulis Utama : Dini Silmy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212022
Tahun : 2019
Judul : Implikatur dan Nilai-Nilai Karakter dalam Tayangan Singkap di Kompas TV serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Teks Sejarah Siswa Kelas XII SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K212022-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum.
2. Chafit Ulya, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.