Penulis Utama : Ahmad Bulkini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0414004
Tahun : 2019
Judul : Siklus Hidup Dan Potensial Reproduksi Kupu-Kupu Troides Helena Di Penangkaran Taman Kupu-Kupu Alian Butterfly Park Kebumen, Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Jur. biologi-M0414004-2019
Subyek : KURVA KELANGSUNGAN HIDUP, LIFE TABLE, MORTALITAS, NATALITAS,POTENSIAL REPRODUKSI, SIKLUS HIDUP, TROIDES HELENA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Troides helena merupakan kupu-kupu yang terancam punah akibat tingkat perburuan yang tinggi. Upaya pencegahan kepunahan kupu-kupu jenis ini dilakukan melalui penangkaran. Sebagai upaya konservasi, penangkaran ex-situ T. helena belum diketahui secara detail mengenai kesuksesannya untuk peningkatan perkembangbiakan T. helena. Untuk itu dilakukan pengamatan terhadap T. helena saat proses perkembangbiakan dan dicatat siklus hidup dan potensial reproduksi untuk mengetahui mortalitas dan natalitas dari kupu jenis ini di dalam kondisi penangkaran. Faktor abiotik maupun faktor biotik dicatat sebagai variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi terkait kelangsungan hidup dan potensial reproduksi. Metode pengambilan data yang digunakan berupa pengamatan langsung dengan analisis kurva kelangsungan hidup dan analisis tabel kehidupan.
Siklus hidup T. helena membutuhkan waktu 61 hari. Di awali dengan fase telur selama 10 hari, fase larva dari instar I-IV selama 14 hari, fase prepupa selama 2 hari, fase pupa selama 25 hari, dan fase imago selama 10 hari. Persentase laju kematian T. helena tertinggi terjadi pada fase pupa yaitu 53?n kematian terkecil ada pada fase instar III yaitu 4%. Kurva kelangsungan hidup menunjukkan tipe kurva kelangsungan hidup T. helena tergolong tipe II, hal ini menunjukkan dalam satu siklus hidup tingkat kematian pada setiap kelompok umur konstan. Satu induk T. helena betina mampu menghasilkan 50 telur dengan perbandingan rasio jantan dan betina adalah 4:6. Potensial reproduksi untuk generasi selanjutnya akan meningkat. Faktor biotik yang mempengaruhi kematian T. helena adalah Ooencrytus, Oecophylla dan Megaselia yang bersifat parasitoid. Faktor abiotik yang berpengaruh pada fase pupa adalah kelembapan dan suhu lingkungan. Suhu berkisar antara 26 0C hingga 29 0C dan kelembapan berkisar antara 70 %– 82%.


Kata Kunci : Kurva kelangsungan hidup, Life table, Mortalitas, Natalitas,
                       Potensial reproduksi, Siklus hidup, Troides helena.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
cover.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN AHMAD BULKINI.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA