Penulis Utama : Jessica Adriane
NIM / NIP : G0014127
×

ABSTRAK

Jessica Adriane, G. 0014127, 2017. Perbedaan Indeks Massa Tubuh, Handgrip Strength, dan Rasio Ureum-Kreatinin Penderita Gagal Ginjal Kronis dengan Terapi Hemodialisis dan Non Hemodialisis. Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar Belakang : Saat ini tatalaksana pasien terdiagnosis gagal ginjal kronis yaitu terapi konservatif dan hemodialisis. Dengan dilakukannya hemodialisis pada pasien gagal ginjal kronis, terdapat kemungkinan perbedaan status gizi pada pasien yang menjalani hemodialisis dan yang tidak menjalani hemodialisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa perbedaan indeks massa tubuh, handgrip stength, dan rasio ureum-kreatinin penderita gagal ginjal kronis dengan terapi hemodialisis dan non hemodialisis.
Metode : Penelitian merupakan penelitian case-control dilakukan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta selama bulan Agustus – Oktober 2017 pada pasien gagal ginjal kronis yang berobat jalan di RSUD Dr. Moewardi dan berusia 18-65 tahun. Kelompok kontrol dan kasus berturut turut yaitu pasien yang tidak menjalani hemodialisis dan yang menjalani hemodialisis sebanyak 29 subjek untuk tiap kelompok. Data terdiri dari berat badan, tinggi badan, handgrip strength, ureum, dan kreatinin menggunakan teknik consecutive sampling. Analisis data menggunakan independent t test dan mann whitney.
Hasil : Hasil uji beda rerata indeks massa tubuh pada kelompok kasus dan kontrol secara berturut-turut 22,70 dan 22,10. Hasil uji beda rerata handgrip strength pada kelompok kasus dan kontrol secara berturut-turut 18,20 dan 19,10. Hasil uji beda rerata rasio ureum kreatinin pada kelompok kasus dan kontrol secara berturut-turut 14,49 dan 21,76. Hasil uji independent t test indeks massa tubuh, handgrip strength, dan rasio ureum kreatinin didapatkan nilai signifikansi berturut-turut 0,569, 0,710, dan 0,008.
Simpulan : Tidak ada perbedaan indeks massa tubuh dan handgrip strength penderita gagal ginjal kronis kelompok hemodialisis dan non hemodialisis yang bermakna secara statistik. Terdapat perbedaan rasio ureum-kreatinin penderita gagal ginjal kronis kelompok hemodialisis dan non hemodialisis yang bermakna secara statistik, dimana kelompok non hemodialisis lebih besar.

Kata Kunci : Gagal Ginjal Kronis, Indeks Massa Tubuh, Handgrip Strength, Rasio Ureum-Kreatinin, Hemodialisis

×
Penulis Utama : Jessica Adriane
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014127
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Indeks Massa Tubuh, Handgrip Strength, dan Rasio Ureum-Kreatinin Penderita Gagal Ginjal Kronis dengan Terapi Hemodialisis dan Non Hemodialisis
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran-G0014127-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kusmadewi Eka Damayanti, dr., M.Gizi
2. Rosalia Sri Hidayati, dr., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.