Penulis Utama : Eni Nurvita Sari
NIM / NIP : K2315024
×

ABSTRAK

Eni Nurvita Sari. EKSPERIMENTASI MODEL ROPES MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X SMA NEGERI 1 SURAKARTA. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, September 2019.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran ROPES melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa, (2) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kemampuan berpikir kritis siswa kategori rendah, sedang dan tinggi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa, (3) ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran ROPES melalui metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan sampel yang terpilih yakni kelas X MIPA 3 berjumlah 33 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 5 berjumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik dokumen digunakan untuk mengumpulkan data berupa nilai dari Penilaian Akhir Semester Ganjil. Teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan berpikir kritis siswa dan kemampuan kognitif Fisika siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan taraf signifikansi 5 %. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan homogenitas menggunakan software SPSS versi 23.
Berdasarkan dari hasil analisis data penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh antara pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran ROPES melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 8,704 > Ftabel = F0.05;1;62 = 4,00), (2) ada perbedaan pengaruh antara kemampuan berpikir kritis siswa kategori rendah, sedang dan tinggi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 41,704 > Ftabel = F0.05;1;62 = 4,00), (3) tidak ada interaksi antara pengaruh pembelajaran Fisika dengan model pembelajaran ROPES melalui metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 1,712 < Ftabel xss=removed>

Kata kunci: Model ROPES, Metode demonstrasi, Metode eksperimen, Kemampuan berpikir kritis, Kemampuan kognitif Fisika.

 

×
Penulis Utama : Eni Nurvita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315024
Tahun : 2019
Judul : Eksperimentasi model ropes melalui metode Eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari Kemampuan berpikir kritis siswa pada Materi hukum newton kelas x Sma negeri 1 surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pend Fisika-K2315024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.