Penulis Utama : Muhammad Fadhly
NIM / NIP : G0015163
×

Muhammad Fadhly, G0015163, 2019. Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Tingkat Kecemasan dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Kedokteran UNS. Skripsi. Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar belakang: Penggunaan media sosial mahasiswa kedokteran cenderung tinggi karena kemampuan finansial dan kebutuhannya untuk selalu terhubung dengan jaringan internet. Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental mahasiswa kedokteran. Kecemasan adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang cukup sering ditemukan pada mahasiswa kedokteran, hal ini juga berpengaruh pada kepercayaan diri mahasiswa kedokteran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial dengan tingkat kecemasan dan tingkat kepercayaan diri pada mahasiswa kedokteran UNS.
Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa kedokteran semester III Universitas Sebelas Maret Surakarta yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan oleh peneliti. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner L-MMPI, SONTUS, T-MAS, dan RSES. Data penelitian diperoleh dari 87 sampel dan dianalisis dengan uji chi-square menggunakan program SPSS 25.00 for Windows dengan tingkat kemaknaan p=0,05.
Hasil penelitian: Berdasarkan hasil uji Chi-square, terdapat korelasi yang bermakna antara penggunaan media sosial dengan tingkat kecemasan (p=0,030; r=0,345) dan tidak terdapat korelasi yang bermakna antara penggunaan media sosial dengan tingkat kepercayaan diri (p=0,762).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara penggunaan media sosial dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa kedokteran UNS dan tidak terdapat hubungan antara penggunaan media sosial dengan tingkat kepercayaan diri pada mahasiswa kedokteran UNS.

Kata kunci : kecemasan, kepercayaan diri, mahasiswa kedokteran, media sosial.

×
Penulis Utama : Muhammad Fadhly
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015163
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Tingkat Kecemasan dan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Kedokteran UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran-G0015163-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rohmaningtyas HS, dr., Sp.KJ., M.Kes
2. Balgis, dr., M.Sc CM-FM, Sp. Ak, AIFM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.