Penulis Utama : Hana Kharismawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214045
Tahun : 2019
Judul : Motif, Pola Penggunaan Media dan Kepuasan Pengguna Youtube
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Sosial dan Politik - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0214045-2019
Subyek : USES AND GRATIFICATION, MOTIF, KEPUASAN, POLA PENGGUNAAN MEDIA, FOOD VLOG, YOUTUBE.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

HANA KHARISMAWATI, D0214045. STUDI KORELASI ANTARA MOTIF DAN POLA PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE DENGAN KEPUASAN MENONTON FOOD VIDEO BLOG RIA SUKMA WIJAYA DI KALANGAN SUBSCRIBERS AKUN YOUTUBE RIA SUKMA WIJAYA PERIODE 8 JUNI 2018. Jurusan Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret, 2019.

New Media atau media baru di era globalisasi ini semakin berkembang. Semakin berkembangnya teknologi maka semakin mudah masyarakat untuk mengakses sebuah informasi yang dibutuhkan. Motif atau dorongan-dorongan inilah yang mampu memacu masyarakat untuk menggunakan media untuk mencapai kepuasan yang diinginkan. YouTube menjadi salah satu platform yang marak digunakan sebagai media pencarian mulai dari informasi hingga hiburan, karena YouTube memiliki sifat memberikan sajian informasi secara audio, teks, dan juga visual. Video blog atau vlog menjadi salah satu kategori video yang paling banyak dicari di YouTube, termasuk food video blog. Food vlogger yang paling terkenal di Indonesia ini adalah Ria Sukma Wijaya terbukti memiliki subscribers sebanyak 1.302.131 per 8 Juni 2018.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang signifikan antara motif, pola penggunaan media YouTube, dan kepuasan dalam menonton food video blog Ria Sukma Wijaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, menggunakan teori uses and gratification serta menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data, kuesioner yang dibagikan adalah melalui aplikasi Google Form. Responden dalam penelitian ini adalah subscribers dari akun YouTube Ria Sukma Wijaya, dengan menggunakan teknik purposive sampling, responden dalam penelitian ini memiliki kriteria-kriteria seperti: (1) minimal berusia 16 tahun; (2) mengetahui dan mensubscribe akun Ria Sukma Wijaya; (3) pernah menonton food vlog Ria SW; (4) melakukan aktivitas meninggalkan komentar pada akun YouTube Ria SW minimal 3 kali dalam kurun waktu satu bulan.

Hasil uji signifikan pada penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis diterima, yaitu memiliki hubungan yang signifikan. Nilai uji signifikan untuk hubungan variabel motif dengan pola penggunaan media adalah thitung: 7,937. Lalu, hubungan variabel pola penggunaan dengan kepuasan adalah thitung: 7,709. Hubungan variabel motif dengan kepuasan adalah thitung: 18,554. Dan, hubungan secara bersama-sama antara motif dan pola penggunaan dengan kepuasan adalah thitung: 24,664. Maka didapatkan nilai uji signifikan paling besar adalah hubungan secara bersama-sama antara motif dan pola penggunaan dengan kepuasan.

Kata Kunci : Uses and gratification, motif, kepuasan, pola penggunaan media, food vlog, YouTube.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP