Penulis Utama : Ninda Yuliana
NIM / NIP : C0914029
×

ABSTRAK  
Ninda Yuliana, C0914029. 2019 “Perancangan Tenun Ikat Menggunakan Zat Warna Alam Limbah Pohon Pisang” Tugas Akhir: Program Studi Kriya Tekstil Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Permasalahan dalam perancangan ini bagaimana merancang tenun ikat menggunakan zat warna alam limbah pohon pisang, dari permasalahan tersebut warna yang muncul dan teknik yang dapat di olah agar tercipta visual yang menarik dan menjadi kekautan produk.
Latar belakang penggarapan proyek ini mengingat limbah pohon pisang meninggalkan limbah berupa pohon, daun, batang daun, dan jantung pisang. Limbah tersebut tidak diberdayakan secara maksimal, sehingga tenun ikat dengan menggunakan zat warna alam limbah pohon pisang perlu di buat dan  di kembangkan. Pewarna alam limbah pisang digunakan sebagai pewarna tenun ikat
dengan penambahan teknik sisipan benang. Bahan yang digunakan adalah benang rayon. Ide gagasan perancangan adalah visual bagian-bagian pohon pisang. Target pasar dalam peracangan ini adalah produk fashion pria dan wanita dewasa. Proses perwujudan karya disesuaikan dengan beberapa aspek perancangan yaitu aspek fungsi, aspek estetis, aspek bahan, dan aspek proses produksi. Keempat aspek tersebut harus saling berhubungan satu sama lain sehingga karya
yang dihasilkan dapat sesuai. Selain itu dalam proses visualisasai desain ini melalui beberapa tahapan yaitu Proses produksi meliputi proses benang lungsi,benang pakan, ekstraksi, pewarnaan benang dan pertenunan.   
 
Kata kunci : Pewarna Alam, Limbah Pohon Pisang, Tenun Ikat, Sisipan Benang

×
Penulis Utama : Ninda Yuliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0914029
Tahun : 2019
Judul : Perancangan Tenun Ikat Menggunakan Zat Warna Alam Limbah Pohon Pisang
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2019
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Seni Rupa dan Desain Jur. Kriya Tekstil-C0914029-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratna Endah Santoso, S.Sn, M.Sn.
2. Dr. Sarah Rum Handayani, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.