Penulis Utama : M. Nasikhul Ibad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414035
Tahun : 2018
Judul : Upaya Pengembangan Potensi Wisata Alam Gunung Pringgitan sebagai Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Ponorogo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu dan Budaya - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu dan Budaya Prog. Studi DIII-C9141035-2018
Subyek : WISATA ALAM
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak
Laporan tugas akhir ini mengkaji tentang pengelolaan Objek Wisata Alam
Gunung Pringgitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wisata yang ada, serta mengetahui kendala apa saja yang ada pada Objek Wisata Alam Gunung Pringgitan dan upaya pengembanganya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menjelaskan data yang diperoleh dari observasi, dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan metode observasi, wawancara, studi dokumen dan studi pustaka. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptip.
Hasil dari penelitian ini berupa kajian potensi Objek Wista Alam Gunung Pringgitan dengan menggunakan analisis 3A (Attraction, Accessibility, dan Amenity) berupa daya tarik utama Gunung Pringgitan adalah spot sunrise, pemandangan alam sekitar Gunung Pringgitan yang begitu asri, serta pemandangan gemerlap lampu yang menghiasi kota Ponorogo di malam hari. Akses menuju Gunung Pringgitan sebagian besar sudah jalan raya akan tetapi jalan berubah ketika masuk jalan perkampungan. Belum adanya MCK umum membuat para pengunjung untuk  buang  air  kecil  di  MCK milik warga  sekitar.  Kendala  yang  di  hadapi pengelola Gunung pringgitan seperti belum adanya tiket masuk, jumlah pengunjung yang menurun pada musim penghujan, serta bermunculanya Objek Wisata Alam serupa yang ada di Kabupaten Ponorogo.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah potensi yang dimiliki Gunung Pringgitan melalui analisis potensi 3A (Attraction, Accesbility, Amenity) berupa suasana alam yang masih asri dan atraksi wisata sunrise yang menjadi daya tarik utama, akses menuju lokasi yang masih perlu diperbaiki, fasilitas pendukung yang masih terbatas dan perlu banyak di tingkatkan. Promosi yang di lakukan oleh pengelola masih belum maksimal, tetapi banyak pengunjung yang secara tidak langsung mempromosikan Gunung Pringgitan dengan memposting foto mereka melalui media social pribadi mereka.
Kata kunci : upaya pengembangan, potensi, wisata alam, Destinasi Wisata Alam
Gunung Pringgitan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Bab IV.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya