Penulis Utama : Hamelia Elfadhilla
NIM / NIP : C0510024
×

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kondisi struktur sosial dalam masyarakat di Kecamatan Pasar Kliwon pada tahun 1979-1998, sejarah Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kecamatan Pasar Kliwon, dan peran PKK dalam kampanye Keluarga Berencana tahun 1979-1998. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis dampak negatif penggunaan alat kontrasepsi. Keterlibatan PKK dalam kampaye KB yang dicanangkan pemerintah memicu terjadinya perubahan sosial budaya dalam masyarakat di Kecamatan Pasar Kliwon. Program ini dianggap sangat penting dalam menekan laju pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, PKK memiliki peran penting sebagai agen pemerintah dalam membudayakan KB.

Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen, studi pustaka, dan wawancara dengan informan sebagai sumber sekunder. Data-data yang dikumpulkan kemudian diseleksi menggunakan kritik sumber, dianalisa, dan diinterpretasi berdasarkan kronologi. Data yang telah diinterpretasi kemudian disusun secara naratif atau yang disebut dengan historiografi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa etnis Jawa, Arab, dan Tionghoa yang hidup secara berdampingan di Kecamatan Pasar Kliwon mempengaruhi terbentuknya struktur sosial masyarakat. Struktur sosial masyarakat penerimaaan program KB. Program tersebut awalnya sulit diterima. Namun, keterlibatan PKK sangat membentuk kelancaran program KB.  Kader PKK dianggap dekat dengan masyarakat terutama kaum wanita sehingga mempermudah jalannya penyuluhan. Kampanye KB yang dilakukan secara terus menerus berhasil merubah pemikiran masyarakat tentang KB. Masyarakat yang terlanjur memiliki banyak anak memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang telah disediakan pemerintah secara gratis. Program ini tidak hanya berdampak pada kependudukan di Kecamatan Pasar Kliwon, tetapi juga mempengaruhi terjadinya perubahan sosial. Budaya “banyak anak banyak rezeki” mulai ditinggalkan di akhir periode 1980-an. Dapat disimpulkan bahwa meski sempat terjadi penolakan masyarakat tentang program KB, tetapi kader PKK di wilayah ini cukup berhasil mengedukasi masyarakat. Realitas ini merupakan bukti keberhasilan PKK Kecamatan Pasar Kliwon dalam kampanye KB pemerintah. Namun, penggunaan kontrasepsi memiliki dampak negatif bagi kesehatan reproduksi perempuan. Dengan demikian, PKK Kecamatan Pasar Kliwon turut bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan reproduksi perempuan.

 

Kata kunci: PKK, Keluarga Berencana, Perubahan Struktur Sosial, Orde Baru.

×
Penulis Utama : Hamelia Elfadhilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0510024
Tahun : 2017
Judul : Peran Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Dalam Kampanye Keluarga Berencana (KB) di Kecamatan Pasar Kliwon Kotamadya Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Ilmu dan Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu dan Budaya Prog. Studi Ilmu Sejarah-C0510024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Wahyuningsih M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.