Penulis Utama : Abu Hamas
NIM / NIP : K3515003
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan pemahaman kognitif siswa pada model blended learning berbasis video tutorial dengan pembelajaran konvensional; (2) model pembelajaran yang lebih efektif antara model blended learning berbasis video tutorial dengan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan model pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Banyudono. Sampel yang digunakan adalah 71 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji keseimbangan, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t-test independent sample.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan pemahaman kognitif siswa pada model blended learning berbasis video tutorial dengan pembelajaran konvensional. kedua, model blended learning berbasis video tutorial mempunyai efektifitas lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman belajar peserta didik kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Banyudono.

Kata Kunci : Blended Learning, Video Tutorial, Pembelajaran Konvensional, Pemahaman Belajar

×
Penulis Utama : Abu Hamas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515003
Tahun : 2019
Judul : Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Video Tutorial Ditinjau dari Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Banyudono
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3515003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Maryono, S.Si., M.Kom.
2. Dr. Agus Efendi, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.