Penulis Utama : Adhitya Wisnuwardhana Mustika Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3215002
Tahun : 2019
Judul : Proses Pembelajaran Batik pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XI SMA Negeri 1 Sukodono Sragen Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3215002-2019
Subyek : PEMBELAJARAN, BATIK, HASIL PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana proses pembelajaran batik siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukodono Sragen tahun ajaran 2018/2019, (2) hasil karya pembelajaran batik kelas XI SMA Negeri 1 Sukodono Sragen tahun ajaran 2018/2019, (3) Untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran batik kelas XI SMA Negeri 1 Sukodono.
Bentuk Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan berupa guru seni budaya, siswa, tugas dan daftar nilai siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan analisis arsip atau dokumen. Uji validitas data yang dicapai dengan menggunakan triangulasi sumber dan review informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran seni budaya dirumuskan berdasarkan silabus, dan tujuan tersebut dapat dicapai dengan baik oleh pesera didik. Materi pembelajaran disesuaikan dengan tujuan yang telah dirumuskan, materi pokok dapat tersampaikan semua dengan baik pada setiap pertemuan pembelajaran. Model pembelajaran yang dilakukan yaitu Project Based Learning. Metode pembelajaran yang diterapkan yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode demonstrasi, dan pemberian tugas. Media yang digunakan diantaranya papan tulis, computer, Liquid Crystal Display (LCD), buku pegangan dan sumber internet. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru melalui lembar penilaian sikap dan tugas praktik membatik. Kendala yang muncul pada proses pembelajaran batik yaitu kurangnya minat siswa, sarana dan prasarana sekolah. Solusi untuk mengatasi kendala yang dialami guru memberikan semangat motivasi kepada siswa, membuat kelompok untuk pembelian alat dan bahan, menyediakan buku pegangan dan bahan materi dari internet, siswa memakai alat dan bahan untuk membatik secara bergantian, Solusi bagi siswa diantaranya guru memberikan demontrasi cara menggunakan canting, guru membantu siswa saat proses pelorodan, guru mempersilahkan siswa untuk mencari materi dari sumber lain seperti internet, guru mengawasi dan aktif dalam memberikan contoh bekerja praktik dengan baik.

Kata Kunci : Pembelajaran, batik, hasil pembelajaran

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edi Kurniadi, M.Pd.
2. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP